Air Terjun Rambut Moyo Wisata Alam di Pasuruan

0 167

Air Terjun Rambut Moyo

Air Terjun Rambut Moyo merupakan salah satu destinasi wisata alam yang  terletak di Dusun Krajan, Desa Palangsari, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan atau sekitar 25 Km dari pusat kota Pasuruan atau 45 menit dari Nongkojajar. Air Terjun Rambut Moyo ini juga memiliki keindahan alam yang sangat mempesona, Untuk menuju ke lokasi air terjun, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena transportasi umum hanya sampai di Nongkojajar saja, kemudian berganti naik ojek. Untuk rute dari Surabaya menuju ke arah Malang, hingga sampai di Nongkojajar kira-kira 1 jam.

Perjalanan dan rute ini rata-rata yang paling banyak digunakan oleh pengunjung, karena jalannya lebih mudah dan lebih dekat bila dibandingkan dengan rute dari kecamatan Puspo. Dari Nongkojajar menuju ke perkampungan terakhir untuk parkir kendaraan kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 jam. Kondisi jalan menuju ke lokasi air terjun berupa jalan setapak yang sempit yang hanya cukup dilalui oleh satu orang saja dan jalan ini berada dilereng pegunungan dengan beberapa bagian jalan berbatasan dengan jurang yang cukup curam.

Lokasi air terjun ini berada dibalik sebuah perbukitan dan di musim hujan sering rawan longsor, untuk itu diharapkan pengunjung berhati-hati. Air terjun Rambut Moyo ini masih berada dalam kawasan di pegunungan Bromo Tengger pada ketinggian 1500 Mdpl, dengan ketinggian air terjun sekitar 40 meter dengan telaga kecil dibagian bawahnya dan perairan yang dangkal. Nama Rambut Moyo sendiri, konon diambil dari kondisi aliran airnya yang menyerupai rambut tipis namun tersebar banyak. Di bagian bawah air terjun banyak terdapat batu-batu besar yang di tumbuhi lumut tebal berwarna hijau.

Source http://adventurewisata.blogspot.co.id http://adventurewisata.blogspot.co.id/2017/02/wisata-air-terjun-di-pasuruan.html
Comments
Loading...