Air Terjun Putuk Truno Wisata Alam di Pasuruan

0 190

Air Terjun Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Jalan Putuk Truno, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Air Terjun Putuk Truno ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau, Lokasi air terjun ini berdekatan dengan air terjun Kakek Bodo, sekitar 400 meter yang sama-sama berada di area wisata Tretes.

Untuk menuju ke lokasi dari rute Surabaya ke arah Pandaan sekitar 55 Km, kemudian setelah sampai di pintu masuk utama  yang berada di jalan putuk truno, masuk hingga sampai di pos dengan kondisi jalan yang menanjak kira-kira 500 Meter dari jalan raya Pandaan – Tretes. Kemudian dari pos masuk, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki, menuruni jalan setapak kurang lebih 300 Meter hingga sampai di air terjun.

Asal – Usul Air Terjun Putuk Truno

Jalan menuju ke air terjun ini cukup mudah terbuat dari cor batu beton yang dibuat berundak-undak dan demi keselamatan para pengunjung di beberapa tempat dipasang papan peringatan karena daerah ini beberapa titik rawan longsor. Air terjun Putuk Truno memiliki ketinggian sekitar 45 Meter berada di antara lereng gunung Welirang dan gunung Arjuno.

Nama air terjun ini diambil dari sebuah kisah seorang yang bernama Joko Truno yang bertapa di sekitar lokasi air terjun hingga menjelma menjadi seekor ular atau putuk. Di sisi bagian kiri dari air terjun, dipinggir sebuah tebing terdapat sebuah vihara menjadikan suasana di tempat ini berpadu antara alam dan religi, di tambah sisi sebelah kanan adalah sebuah sungai yang tertutup oleh rimbunan pepohonan, menjadikan suasanan lebih tenang dan menyejukan.

Source http://adventurewisata.blogspot.co.id http://adventurewisata.blogspot.co.id/2017/02/wisata-air-terjun-di-pasuruan.html
Comments
Loading...