Air Terjun Poppinjeng Bone

0 84

Air Terjun Poppinjeng

Desa Bonto Masunggu, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Bone, Sulsel, memiliki satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi dan belum terlalu banyak didatangi orang, Minggu. Namanya air terjun Poppinjeng atau pendatang dari daerah perbatasan Kabupaten Pangkep menyebutnya Air Terjun Tujuh Tingkat, karena air terjun tersebut memiliki tujuh tingkatan.

Nama Poppinjeng menurut kepala desa setempat, Najamuddin, diambil dari kata Poppi yang berarti dikupas. Sedangkan Pinjeng artinya benda (batu) yang terlempar membentuk lempengan-lempengan air terjun. Makna Popinjeng adalah sebuah batu yang telah terkelupas-kelupas sehingga membentuk batu yang indah lengkap dengan lempengan-lempengan batu di air terjun.

Jarak Desa Bonto Masunggu dri Kota Bone sekitar 120 kiloan. Lokasi tersebut bisa juga dijangkau dari Kabupaten Pangkep. Cukup lewat Kecamatan Tondong Tallasa saja sekitar 40 kilometer dari Kota Pangkajene. Panorama alamnya sungguh memikat, melewati hamparan sawah yang menguning, batu air terjun yang besar-besar dan kicauan hewan kecil dalam hutan.

Tidak perlu khawatir akan jaraknya dengan berjalan kaki Akan terasa air terjun pertama. Pengunjung bisa mendirikan tenda di sana, selfie ataupun foto prawedding. Pengunjung akan ditantang untuk menaiki tebing terjal untuk sampai ke air terjun kedua. Di air terjun kedua ini penuh bebatuan antik berwarna cokelat dan abu-abu kuning keemasan.

Pendakian kian menanjak menuju tingkat ketiga. Sampai di air terjun ketiga pengunjung akan dimanjakan dengan tempat yang indah, sangat cocok mendirikan tenda sambil bakar ikan. Tanjankan yang sama menuju air tingkat keempat dan seterusnya namun pemandangan alamnya berbeda. Khusus di tingkat keenam, pengunjung harus berpegangan dengan akar-akar pohon besar di sekitar air terjun.

Berbeda dengan tingkatan sebelumnya, jalur menuju tingkatan ke tujuh cukup ringan dilewati. Ada beberapa bebatuan menarik yang sangat berbeda di sekitar lokasi karena bentuknya yang khas sesuai dengan penamaannya. Tak perlu khawatir, selama anda berjalan dari tingkat pertama hingga ketujug, signal aman meski jaringan tidak terlalu banyak tapi cukup untuk menelpon, kirim pesan dan internetan.

Jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman yang banyak untuk menambah tenaga menikmati panorama air terjun. Rasakan segarnya air pegunungan dari kaki gunung. Pakailah sepatu yang alasnya kasar untuk memudahkan pendakian. Untuk jalur ketika akan pulang, pegunjung akan melintasi hutan belantara, penuh pohon besar yang akarnya banyak menempel di bebatuan.

Menelusuri hutan, pengunjung akan mendapati pohon alpukat, jeruk, jambu, kopi berbuah, cengkeh dan juga jenis tanaman obat. Silahkan berpetualang dengan bertanya kepada warga sekitar. Tentu hal ini untuk memudahkan kalian meminta izin masuk ke dalam wilayahnya.

Source http://makassar.tribunnews.com http://makassar.tribunnews.com/2016/04/10/air-terjun-poppinjeng-bone-miliki-7-tingkatan-dengan-panorama-berbeda?page=3
Comments
Loading...