Air Terjun Ponggi Sarambu, Surga Tersembunyi di Kolaka Utara

0 70

Air Terjun Ponggi

Kolaka Utara memiliki salah satu objek wisata air terjun yang terbilang jernih mengalir dari puncak lereng perbukitan Kecamatan Purehu, Kolaka Utara. Saking sejuknya, tumpahan air dari hulu yang begitu deras mengakibatkan objek wisata alam ini berkabut dan terkadang membentuk bias warna pelangi yang melengkung diantara kedua tepiannya. Warga sekitar menjadikan lokasi ini tempat memasok air bersih untuk keperluan sehari-hari dan diberi nama Air Terjun Ponggi Sarambu. 

Nama Ponggi Sarambu terbagi dari dua suku kata bahasa Tana Toraja (Tator) yakni Sarambu berarti asap dan Ponggi merupakan nama seorang warga yang diklaim pertama kali menemukan dan bermukim di sekitar lokasi itu. Lokasi ini setidaknya sudah lama dikenal oleh warga Kolut sendiri meskipun tidak semua warga lokal pernah mengunjungi dan menyaksikan langsung tempat tersebut.

Jarak dari ibukota Kabupaten menuju ke tempat tersebut kurang lebih 112 km. Selain jauh dari pusat kecamatan, kondisi akses jalan juga terbilang rusak dan selebihnya masih merupakan jalan-jalan pedesaan yang belum tersentuh pengerasan. Beberapa ruas jalan sepi rumah penduduk terkecuali bagi mereka yang secara kebetulan menetap berkebun di sana yang secara kebetulan dihuni orang-orang Tator.

Hasil gambar untuk Air Terjun Ponggi Sarambu

Air terjun ini memang melimpah dari segi debit air. Tidak hanya deras, panoramanya juga sejuk karena disekelilingnya termasuk daerah hulu air terjun itu masih diselimuti hutan belantara. Kondisi demikianlah yang mengakibatkan permukaan air yang tumpah di antara bebatuan menciptakan kabut-kabut tipis yang menghiasi permukaan airnya.  

 

Source http://bobbyalimuddinpage.blogspot.com http://bobbyalimuddinpage.blogspot.com/2015/12/air-terjun-ponggi-sarambu-surga.html
Comments
Loading...