Air Terjun Pletuk Wisata Alam di Ponorogo Jawa Timur

0 121

Air Terjun Pletuk

Air Terjun Pletuk atau juga dikenal dengan nama Coban Temu adalah salah satu wisata alam yang memiliki keindahan tiada duanya air terjun ini yang terletak di sebelah tenggara  pusat kota Ponorogo atau lebih tepatnya sebelah selatan dari Kecamatan Pulung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 m dan berada di atas ketinggian 450 meter di atas laut. Kawasan ini dikelilingi oleh perbukitan yang menjulang tinggi, dan ditumbuhi sejumlah tanaman. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Kondisi jalan ke lokasi sudah beraspal mulus akan tetapi berkelok kelok dan naik turun.

Akses Menuju Air Terjun Pletuk

Jika berangkat dari kota Ponorogo (alun-alun) dengan mengambil arah ke kawasan Jeruksing. Dari Jeruksing (bunderan lampu lalu lintas) ini ambil ke arah timur melewati kawasan Tajug dan Sukun yang dipenuhi hutan tanaman kayu putih hingga tiba di perempatan  Pulung. Bila lurus akan menuju ke Kecamatan Pudak, arah kiri ke Kecamatan Pulung dan ke arah kanan ke Kecamatan Sooko.
Selanjutnya ambil arah ke kanan, melewati pasar tradisional Kecamatan Pulung. Setelah menempuh kurang lebih 20 menit akan tiba di kecamatan Sooko dengan terlebih dahulu melewati hutan jati di kiri kanan jalan Pulung – Sooko. Dan akhirnya dari kecamatan ini selanjutnya ikuti petunjuk arah menuju lokasi Air Terjun Pletuk berada.
Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Seloaji, Ponorogo naik angkutan umum jurusan Sooko. Akan tetapi saat ini jarang sekali angkutan umum ke Sooko yang mangkal di terminal. Kebanyakan pada mangkal di Jeruksing. Jadi sebaiknya dari terminal naik dulu angkutan umum jurusan Balong/Jetis, turun di Jeruksing. Dari sana barulah naik angkutan umum jurusan Sooko, turun di Pasar Sooko (Pasar Sombro). Selanjutnya perjalanan berganti naik ojek hingga tiba di lokasi air terjun berada. Ojek ini banyak tersedia di sekitar Pasar Sooko.
Source http://maspamujionline.blogspot.co.id http://maspamujionline.blogspot.co.id/2016/03/wisata-air-terjun-di-ponorogo.html
Comments
Loading...