Air Terjun Plasur Wisata Alam di Ponorogo Jawa Timur

0 137

Air Terjun Plasur

Air Terjun Plasur adalah sebuah objak wisata yang berada di Desa Kunthi kecamatan Sampung Ponorogo Jawa Timur. Air terjun ini banyak dikunjungi ketika hari-hari libur. Keindahan air terjun ini terdiri atas tiga, pertama di atas gunung, dan yang dua berada dibawah. Kesejukan di sungai tersebut dilengkapi dengan keberadaan air terjun Plasur.

Selain itu, sungai dan air terjun juga dikelilingi berbagai pohon yang rindang dan hijau. Sehingga menambah kesejukan sejauh mata memandang. Lokasi air terjun dan sungai Plasur di Desa Kunti ini memang tidak seramai air terjun lain di Ponorogo, seperti air terjun Coban Lawe, air terjun Pletuk, dan lainnya. Namun, pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan atau hari libur nasional lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah di Ponorogo.

Rute Menuju Air Terjun Plasur

Akses untuk menuju ke air terjun Plasur ini bisa digolongkan cukup sulit dan minim akses. Selain itu, pengunjung yang hendak ke lokasi itu juga harus rajin bertanya kepada warga karena tidak ada papan petunjuk yang mengarahkan ke air terjun Plasur. Lokasinya sangat tersembunyi yaitu berada di dalam hutan kayu jati yang rimbun dan akses jalan hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Dari arah kota Ponorogo dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai di lokasi air terjun. Pengunjung akan melewati permukiman warga di Desa Kunti kemudian masuk hutan dan menyeberangi sungai. Tidak disarankan menggunakan mobil karena jalannya sempit dan masih berupa tanah. Sepeda motor hanya bisa digunakan hingga tengah hutan, karena ada aliran sungai yang tidak bisa dilewati karena terlalu terjal dan dalam. Setelah itu, pengunjung bisa berjalan kaki menuju lokasi. Di sepanjang perjalanan, pengunjung bisa melihat air yang tumpah hingga di jalan membentuk air terjun mini.

Keindahan Air Terjun Plasur

Suasana yang sejuk dan adem, membuat perjalanan tidak terasa berat. Di lokasi air terjun, pengunjung bisa bermain air di sungai Plasur dan bisa berendam. Bagi yang hobi foto, bisa mencari objek foto di lokasi air terjun. Ketinggian air terjun Plasur sekitar 15 meter dan ada dua air terjun di lokasi tersebut. Air di air terjun ini sangat mengandalkan air hujan, ketika hujan debit air bisa tinggi. Namun, saat musim kemarau air terjun ini terkadang tidak ada airnya. Sehingga disarankan saat hendak mengunjungi air terjun Plasur yakni pada waktu musim penghujan.

Source http://www.solopos.com http://www.solopos.com/2017/05/09/wisata-ponorogo-air-terjun-plasur-pesona-tersembunyi-di-tengah-hutan-jati-815325
Comments
Loading...