Air Terjun Piala, Sulawesi Tengah

0 137

Air Terjun Piala

Indonesia memang kaya akan berbagai macam hasil laut, hasil pertanian, dan yang tak kalah menarik adalah ada banyak sekali tempat wisata yang dapat memanjakan mata kita. Pesona Indonesia memang tak kan pernah habis walaupun kita sudah meng-explorenya berkali-kali. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia memang tak pernah ada bandingannya.

Semua kekayaan itu tersebar dari Sabang sampai Merauke. Salah satu pulau yang memiliki daya tarik tersendiri adalah pulau Sulawesi. Salah satunya nama air terjun indah di Sulawesi yaitu Air terjun Piala. Mungkin belum yang tau mengenai air terjun yang satu ini. Air terjun Piala ini berada tak jauh dari Kota Luwuk. Kira-kira 15-20 menit ke Kelurahan Hanga-hanga,tepatnya di Kabupaten Banggai.

Air Terjun Piala ini juga dijadikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) yang dikelola oleh swasta kemudian dijual ke PLN. Sehingga untuk naik ke kawasan air terjun, traveler harus melewati pintu air PLTMH. Dari sini aliran berwarna hijau sudah terlihat mengalir turun ke arah kota,Tangga pintu air sedikit curan tanpa ada pegangan di sisinya.

Traveler musti berhati-hati dan wajib memakai alas kaki yang tak licin.Perjalanan dari pintu air ke dalam kawasan Air Terjun Piala hanya sekitar 10 menit. Namun trek curam dan licin menjadi tantangannya.Setelah sampai, hijaunya air yang dikelilingi pepohonan akan memanjakan mata. Air terjun yang bertingkat-tingkat bisa jadi spot foto yang instagenic

Kawasan Air Terjun Piala baru populer selama setahun ini. Banyak juga pengunjung yang datang yaitu untuk bersantai dan bakar ikan di samping sungai.Wah, Indonesia sudah diberi alam yang begitu bagus dan Indah. Sudah sepatutnya ya kita jaga dengan tidak meninggalkan sampah. Sehingga kelestarian alam tetap terjaga.

Source http://pusatinfowisata26.blogspot.com http://pusatinfowisata26.blogspot.com/2017/08/air-terjun-piala-lawuk-kabupaten-banggai.html
Comments
Loading...