Air Terjun Penimbungan, Wisata di Lombok

0 32

Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan merupakan salah satu air terjun cantik yang ada di Lombok. Air Terjun Penimbungan bisa dijumpai bila kita melakukan pendakian kegunung Rinjani melalui jalur Torean. Itulah mengapa banyak pendaki lebih sering menyebut Air Terjun Torean karena memang berada di Jalur Toren. Air Terjun Penimbungan ini berlokasi di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Air Terjun Penimbungan memiliki tinggi sekira 100 meter. Dengan ketinggianya menjadikan Air Terjun Penimbungan sebagai salah satu air terjun tertinggi di Lombok. Debit Air Terjun Penimbungan juga cukup besar sehingga bisa kita lihat dari kejauhan. Tebing yang curam memenuhi hampir semua wilayah disekitar wilayah air terjun menjadi pemandangan unik dan indah.

Keindahan Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan yang terletak di jalur pendakian ke Gunung Rinjani ini bisa kita tempuh lewat Dusun Torean. Aliran Air Terjun Penimbungan sendiri bersumber dari Danau Segara Anak, yaitu Danau yang tepat berada ditengah-tengah bekas letusan gunung Rinjani. Selain airnya yang jernih juga dinginya cuaca disekitar gunung membuat aliran air terjun terlihat seperti berasap. Bahkan sering kali hanya terlihat kabut putih memenuhi hampir semua kawasan air terjun.

Untuk melihat langsung Air Terjun Penimbungan, kita tidak diperkenankan kebawah karena jalurnya yang sangat terjal dan licin juga karna kita tak perlu turun kebawah. Kita bisa menimatinya dari arah kejauhan yaitu dari atas Lembah Sungai Putih. Bagi para pendaki yang melewati jalur ini biasanya Air Terjun Penimbungan menjadi bonus tersendiri menghilangkan rasa lelah selama pendakian.

Akses Menuju Air Terjun Penimbungan

Air Terjun Penimbungan bisa ditempuh sekitar 2 jam dari Dusun Torean, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Desa yang terletak di ketinggian 1.156 mdpl ini memang tidak sepopuler jalur pendakian lainya seperti Sembalun dan Senaru. Jalur Torean ini biasa dipilih oleh pendaki karena sebelumnya mereka sudah melewati jalur rinjani lainya sehingga sekedr ingin melihat dan merasakan sendiri jalur yang konon dianggap paling terjal.

Jalur Torean sebenarnya digunakan oleh para peziarah yang akan melakukan ritual kepercayaannya di Danau Segara Anak maupun di sumber air panas yang ada di dekatnya Segara Anak. Itulah mengapa jalur torean dianggap sakral dan cukup menyeramkan Untuk menuju Air Terjun Penimbungan ini dapat ditempuh dari Kota Mataram. Dengan menggunakan kendaraan L-300 ke Pasar Anyar di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun kita akan menempuh perjalanan sekitar 3-4 jam. Selanjutnya dari Pasar Anyar perjalanan diteruskan kembali dengan naik ojek ke Dusun Torean, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun kurang lebih satu jam perjalanan.

Source https://backpackerjakarta.com https://backpackerjakarta.com/air-terjun-penimbungan-salah-satu-bonus-pendakian-rinjani-via-torean/
Comments
Loading...