Air Terjun Pengempu, Tabanan Bali

0 6

Air Terjun Pengempu 

Air Terjun Pengempu (Peng Empu) adalah salah satu objek wisata air terjun terdekat dari kota Denpasar, tepatnya di Jalan Seribupati, Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. tentu ini akan menjadi tujuan wisata alam menarik bagi warga kota, apalagi tempat ini tergolong objek yang baru dikenal, walaupun keberadaannya sudah ada sejak lama.

Informasi sekarang ini memang tidak terbatas oleh jarak, ruang dan waktu, setiap saat anda bisa dengan mudah untuk menemukan atau menyiarkan informasi tempat wisata secara langsung. Berkembangnya dunia internet dengan begitu cepat, tidak akan ada tempat tersembunyi lagi yang tidak bisa diketahui oleh wisatawan.

Akses menuju air terjun ini bisa melalui Jalan Raya Denpasar Bedugul atau dari arah Sangeh. Kami waktu itu masuk dari arah Jalan Raya Denpasar dan mengikuti arahan google map: kami terus ke utara sekitar 3 km dari SPBU pertigaan ke arah Margarana, lalu sebelum Pasar Sembung belok kanan ke arah pemukiman warga dengan jalan agak menurun.

Terus saja ikuti jalan utama sampai nanti agak sedikit bercabang, ada jalan yang mengarah ke sawah dan ada jalan lagi sedikit di bawah, nah jangan ambil jalan yang ke arah sawah karena buntu. Setelah itu, kita akan menemukan petunjuk jalan menuju air terjun. Pintu masuk air terjun ini terletak di jalan menurun seperti lembah dan tepat di tengah lembah ada jembatan; dari sana, kita akan melihat pintu masuk air terjun dengan lebar jalan untuk dua mobil saja.

Area parkir mobil juga terbatas karena kita harus parkir di sisi jalan ini, sehingga harus berhati-hati saat parkir di sini, walaupun ada petugas yang akan membantu mengatur lalu lintas dan parkir mobil. Sementara, bila kita datang dari arah Sangeh, lokasi air terjun ini tidak jauh dari Monkey Forest Sangeh. Arahkan kendaraan kita ke Desa Cau Belayu dari jembatan setelah Monkey Forest, lalu sekitar 200 meter kemudian, kita akan menemukan papan petunjuk ke arah air terjun yang sudah dekat sekali. Dari sini, kita akan berjalan mengikuti jalan setapak yang sudah cukup baik, lalu menuruni tangga sampai tiba di lokasi air terjun. Bermain ke Air Terjun Pengempu Cau Belayu

Harga Tiket Masuk Untuk masuk ke air terjun ini, kita tidak dikenakan biaya, hanya ada kotak donasi yang disiapkan pengelola di pintu masuk air terjun. Sementara untuk parkir kendaraan, dikenakan Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 1.000 untuk motor. Aktivitas Debit air di Air Terjun Pengempu ini tidak terlalu besar, jadi kita bisa bermain air atau berdiri dengan aman di bawah air yang turun. Air dari air terjun mengalir ke sungai yang dangkal, jernih, dan bersih. Lala senang sekali main air di sini, jadi sesampainya di sana.

Dia langsung asyik sendiri bermain air dan kami cukup mengawasinya karena cukup aman untuk anak-anak. Hanya saja, bila sudah mendekat ke daerah air turun kedalamannya bisa sebatas perut orang dewasa, sehingga anak-anak sebaiknya didampingi.

Selain air terjun, ada juga gua yang tidak jauh letaknya dari lokasi parkir. Menurut pengelola, gua tersebut dulunya dipakai saat jaman perang kemerdekaan. Gua ini cukup sempit dengan panjang kurang lebih 30 meter. Saat kami datang, gua ini sedang ditutup karena baru saja turun hujan sehingga bagian dalam gua banjir dan tertutup air. Bila Anda berkunjung di saat musim kemarau, mungkin bisa juga berkunjung dan masuk ke dalam gua yang unik ini.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/air-terjun-pengempu/
Comments
Loading...