Air Terjun Pelukahan di Kabupaten Sijunjung

0 17

Air Terjun Pelukahan

Air Terjun Pelukahan yang berada di dalam kabupaten Sijunjung juga. Pernahkah anda mendengar tentang air terjun Pelukahan ini? Saya yakin mayoritas pembaca blog ini belum pernah mendengarnya. Bahkan, sewaktu saya mencari informasi melalui telepon ke Dinas Pariwisata Kabupaten Sijunjung tentang nama air terjun ini, saya harus dioper beberapa kali karena ketidaktahuan beberapa yang menerima telepon saya. Sebelum akhirnya salah satu memberikan jawaban bahwa nama air terjun adalah Pelukahan.

  

Silokek yang cukup terkenal dengan obyek wisatanya membuat beberapa orang menyebut nama air terjun ini dengan nama air terjun Silokek karena terletak di dekat kanagarian Silokek. Namun begitu, air terjun Pelukahan berada dalam wilayah kenagarian Durian Gadang Kabupaten Sijunjung Beberapa informasi juga membenarkan bahwa nama air terjun tersebut memanglah Air Terjun Pelukahan.

Untuk sampai ke air terjun yang termasuk dalam kawasan wisata Musiduga (Muaro, Silokek dan Durian Gadang), harus melalui Muaro Sijunjung, yaitu Ibukota kabupaten Sijunjung. Setelahnya harus melewati Silokek, karena jalur tersebut adalah akses satu-satunya menuju air terjun Pelukahan. Obyek wisata yang bisa dinikmati di Silokek, dan cukup terkenal adalah Pasir Putih. Mempunyai alam cukup elok, yaitu perpaduan ngarai-ngarai eksotis dengan pasir putih yang terhampar di pinggir sungai.

Jika telah puas menikmati pemandangan di Silokek, perjalanan diteruskan lebih kurang 3 km menuju ke nagarian Durian Gadang. Namun alangkah baiknya jika selalu bertanya sebab tidak ada penunjuk sama sekali arah lokasi air terjun ini. Perlu diketahui air terjun Pelukahan terletak di atas bukit dan tidak terlihat dari jalan utama. Untuk mencapai air terjun, kita mesti berjalan kaki melewati hutan. Sesekali akan kita jumpai aliran air jernih yang datangnya dari arah puncak air terjun. Jarak Air terjun dari jalan utama lebih kurang 500 m.

Walaupun demikian jalanan setapak yang dilalui menuju air terjun ini cukup bagus, sehingga perjalanan terasa menyenangkan sambil menikmati hutan-hutan di sekelilingnya. Apabila pemerintah setempat lebih memperhatikan objek ini, dengan pengelolaan yang baik dan meningkatkan sarana dan prasarana di Objek ini, bukan tidak mungkin air terjun Pelukahan bisa menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisata ke Kabupaten Sijunjung.

Source http://www.yasmenchaniago.com http://www.yasmenchaniago.com/2010/12/air-terjun-pelukahan-di-kabupaten.html
Comments
Loading...