Air Terjun Pantai Pelang Wisata Alam di Trenggalek

0 151

Air Terjun Pantai Pelang

Air Terjun Pantai Pelang merupakan salah satu wisata alam yang letak air terjun tersebut berada di dalam kawasan wisata Pantai Pelang, tepatnya di sebelah barat. Air terjun ini bukan air terjun yang langsung bermuara ke laut, tapi mengalir dulu menjadi sungai kecil, lalu bermuara ke laut. Terdapat cerita lokal yang saya dengar bahwa air terjun ini dipercaya masyarakat lokal bisa membuat awet muda seseorang bila mandi disana. Air Terjun ini terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.

Rute Menuju Air Terjun Pantai Pelang

Untuk menuju ke air terjun pantai pelang tersebut, dari Tulungagung kami berangkat menuju Trenggalek melewati jalur utama Tulungagung-Trenggalek, melewati Taman Makam Pahlawan Trenggalek lalu pertigaan lampu lalu lintas (pertigaan Karangan) ambil kiri menuju Dongko – Panggul. Perjalanan dari sini menuju Pantai Pelang mulai menanjak menurun dan berlika-liku tajam, melintasi hutan dan pemandangan landscape cantik Trenggalek dari ketinggian. Setelah sekitar 2,5 Jam akhirnya kami sampai di kecamatan Panggul.

Dari Kecamatan Panggul kita bisa mengikuti papan petunjuk jalan menuju pantai Pelang yang sudah tersedia. Sesampainya di lokasi parkir kendaraan menuju air terjun kita tinggal mengikuti jalan setapak kearah barat mengikuti sumber air sungai kecil. Untuk yang ingin menggunakan angkutan umum kesini, dari Terminal Bus Trenggalek, naik bis jurusan Trenggalek – Lorok/Pacitan dan turun di Kecamatan Panggul. Dari Kecamatan Panggul menuju Air Terjun Grobogan Sewu ini dilanjutkan dengan jasa Ojek.

Keindahan Air Terjun Pantai Pelang

Walau mempunyai ketinggian hanya sekitar 10 meter, air terjun Grobogan Sewu ini tergolong unik. Air mengalir jatuh dari tebing yang cukup panjang, tebingnya berupa mirip batuan Karst berwarna putih agak kekuningan. Terdapat pohon unik disekitar air terjun tersebut tumbuh pohon-pohon dengan akar melintang kesana kemari menembus batuan sekitarnya, seakan ingin menghalangi laju aliran air. Cahaya yang tebus dari tajuk dan dahan pohon yang ada disekitar sana makin menambah cantik saja pemandangan disana.

Jika kita perhatikan dibawah tebing air terjun tersebut ada lubang-lubang kecil seperti sebuah goa. Mengenai cerita lokal jika mandi di air terjun ini bisa membuat awet muda mungkin benar. Awet mudanya dalam arti lain. Awet muda karena efek senang dan bahagia bisa bermain air disini, melepas beban atau mungkin “melarung” beban-beban yang ada di badan supaya terbawa aliran air menuju laut. Siapa yang tidak senang bersama teman-teman, orang tersayang piknik ke air terjun seindah ini.

Fasilitas Air Terjun Pantai Pelang

Fasilitas yang ada di sekitar air terjun ini cukup lengkap loh, ada tempat sampah dibeberapa sudut, ada  tempat sholat, juga terdapat beberapa kamar mandi. Terdapat juga papan peringatan yang cukup bagus, memperingatkan “Hati-Hati Licin” agar pengunjung berhati-hati dan tidak terpeleset, namun sayangnya penempatannya kurang tepat jika dilihat dari sisi untuk foto-foto.

Tulisan tersebut mungkin bisa dipindahkan dipinggir air terjun. Mengunjungi air terjun Grobogan Sewu ini lebih baik saat musim penghujan, memasukin musim kemarau air terjun tetap ada airnya namun debit airnya tidak sebanyak saat musim penghujan. Pengunjung yang berkunjung kemari diharapkan untuk tidak melakukan hal-hal tercela yang merusak alam.

Source http://www.catatannobi.com/ http://www.catatannobi.com/2015/04/grobogan-sewu-air-terjun-pantai-pelang.html
Comments
Loading...