Air Terjun Oelamofun, Wisata Alam di Timor Tengah Selatan

0 54

Air Terjun Oelamofun

Air Terjun Oelamofun ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang mulai dikenal luas pada tahun 2016, dibandingkan air terjun Oehala yang sudah terlebih dahulu dikenal masyarakat. Air terjun ini terletak di Desa Noinbila, Kecamatan Mollo selatan. Air terjun ini masih sangat alami dan sejuk karena terletak diantara pepohonan. Air terjun ini memiliki beberapa kubangan air yang dulu dalam sehingga hanya untuk orang yang tahu renang.

 

Kubangan air yang paling populer adalah yang paling bawah dimana bentuknya seperti hati. Kubangan air ini terbentuk secara alami. Sayangnya belum ada pegangan menuju kebawah sehingga dibutuhkan nyali untuk turun kebawah dengan berpegangan pada pohon, dan kayu yang ada dipinggir. Untuk ketempat ini kita bergerak kearah Kapan. Sebelum air terjun Oehala kita akan menemukan sekolah dibagian kanan jalan SMAN 1 Molo Selatan yang dulunya bernama SMAN 2 Soe.

Dari sana kita akan menempuh jalan selama 20menit kita akan melewati stadion dan akan tiba di sebuah bukit dengan jalan menurun (Sebelumnya ada bukit dengan Rumah adat) Kita bisa memarkir kendaraan dan berjalan kaki sekitar 5 menit kita akan menikmati air terjun ini. Masyrakat juga mengenal tempat ini dengan air terjun Noelaku.

Jalan aspal yang dilewati sudah berlubang karena dibangun sejak tahun 1990an. Ini adalah kali ke-2 saya berkunjung ke Air Terjun Oelamofun dengan ada sedikit perubahan dimana sudah ada tangga dan pegangan dari kayu sehinggga memudahkan pengunjung untuk menuju ke lokasi air terjun. Sudah ada juga tempat untuk beristirahat sejenak di tempat duduk sederhana dari kayu.

Source http://ariantosntt.blogspot.com http://ariantosntt.blogspot.com/2016/07/air-terjun-oelamofun-kabupaten-tts.html
Comments
Loading...