Air terjun Oehala, Wisata Alam di Kota Kupang

0 21

Air terjun Oehala

Air terjun Oehala adalah salah satu destinasi wisata alam air terjun ini dengan 7 tingkat dengan airnya berasal dari Gunung Mutis yang jernih dan dingin hingga ke tingkat terbawahnya. Di masing-masing tingkatan terbentuk kolam penampungan air yang dapat digunakan untuk mandi dan berenang.

 

Lokasi Air terjun Oehala

Air terjun Oehala ini terletak di Desa Oehala, Kota Soe, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Akses Menuju Air terjun Oehala

Berjarak sekitar 13 km dari kota Soe, ibukota Kabupaten Timor Tengah Selatan (10 km dari dari jalan utama plus 3 km masuk ke dalam) dengan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan. Jika dari kota Kupang berjarak sekitar 110 km dengan waktu tempuh sekitar dua sengah jam perjalanan. Kondisi jalan menuju ke sana sudah beraspal mulus dan dapat dilalui baik kendaraan roda empat atau dua. Bila berangkat dari kota Kupang arahkan kendaraan menuju kota Soe, sesampainya di daerah Kapan ada tugu dengan pertigaan jalan. Ambi belokan ke kanan, bila ke kiri ke arah Atambua.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan bus jurusan Kuoang-Soe dari terminal Kupang dengan ongkos sekitar 30000 rupiah per orang atau dapat juga naik travel yang banyak mangkal di termnial bayangan Oesapa Kupang dengan ongkos sekitar 40000 rupiah per orang. Setibanya di kota Soe perjalanan diteruskan dengan naik ojek sekitar 20-an menit dengan ongkos sekitar Rp 2000 per orang hingga tiba di lokasi parkiran air terjun. Sebenarnya dari dari Soe dapat menggunakan angkutan umum dari Terminal menuju lokasi dengan trayek Soe-Kapan, namum angkutan itu hanya bisa menjangkau sampai pada pertigaan jalan yang menuju lokasiair terjun. Padahal jarak pertigaan tersebut sampai lokai masih sekitar tiga kilometer lagi. Setelah sampai di lokasi parkiran, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menurun sekitar 132 anak tangga semen hingga ke dasar air terjun.

Harga Tiket Masuk Air terjun Oehala

Untuk harga Tiket masuk adalah Rp 3000 per orang. Beberpa fasilitas telah tersedia di lokasi ini. Adanya parkiran kendaraan yang vukup menampung kendaraan. Beberapa lopo (tempat istirahat khas Timor beralatapkan daun jerami) telah dibangun untuk sarana beristirahat, Juga kamar mandi dan toilet ada. Selain itu sudah ada beberapa warung penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi air terjun ini.

Source https://sites.google.com https://sites.google.com/site/wisataairterjun/nusa-tenggara-timur/air-terjun-oehala
Comments
Loading...