Warning: unlink(/tmp/d620d2e1fed11ddf30383e95ad5ba89a-0SQ4mK.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Air Terjun Ngungun Saok Wisata Alam Tersembunyi di Sumatera Barat

0 89

Air Terjun Ngungun Saok

Ngungun Saok merupakan salah satu objek wisata tersembunyi di Sumatera Barat. Air Terjung Ngungun Saok terletak disebuah bukit di Lubuak Minturun, Padang. Untuk sampai dilokasi tersebut dibutuhkan sedikit kesabaran, pengunjung harus melewati jalan tanah berbatu, walaupun dapat dilalui dengan sepeda motor, beberapa kesulitan mungkin akan dihadapi oleh pengendara.

Akses ke lokasi memang sudah dikelola oleh masyarakat sekitar, namun pengunjung masih tetap tidak bisa menghindari tebing 80 derajat yang harus ditaklukkan. Namun perjuangan menuju lokasi akan terbayar karena di sepanjang alirannya banyak keindahan dan kesejukan yang akan ditemui, puncaknya adalah goa dengan tebing batu dan Air Terjun Ngungun Saok. Suasana rindang dan sejuk dengan dipenuhi pepohonan hijau langsung terasa ketika memasuki gerbang Lubuak Minturun, suasana Kota Padang yang panas mulai berubah menjadi sejuk sepanjang perjalanan. Kanan dan kiri jalan ditumbuhi pohon rindang serta bunga yang indah sehingga sengatan matahari tidak leluasa menyinari jalan.

Untuk sampai ke Air Terjun Ngungun Saok, sekitar 5 menit dari gerbang masuk Lubuk Minturunsaat menjumpai pertigaan, langsung belok kiri menuju kolam renang ABG. Sekitar 2 km dari kolam renang ABG perjalanan masih terasa mulus dengan jalan beraspal. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama. Jalan beraspal hanya sampai separuh jalan menuju Air Terjun Ngungun Saok, selanjutnya melewati jalan berbatu. Tak sedikit tanjakan serta penurunan berbatu yang harus Anda lewati, panjang jalan berbatu ini berkisar antara 2 km.

Tak lama berselang Anda akan menemui pos satu yang dijaga oleh pemuda setempat, yang memungut biaya sebesar Rp. 5000,- per orang. Selepas membayar tiket masuk perjalanan dilanjutkan sekitar 1 km dengan kondisi jalan yang sama bahkan lebih parah dengan pendakian serta penurunannya yang mencapai sudut 40 derajat. Lebih kurang 15 menit perjalanan sampai pada lokasi parkir yang disediakan masyarakat setempat. Kendaraan di tinggalkan disini dengan membayar uang parkir sebesar Rp. 3000,-.

Untuk mencapai Air Terjun Ngungun Saok masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki. Untuk memudahkan pengunjung baru setiap persimpangan sudah diberi papan penanda agar pengunjung tidak tersesat, dan dijaga beberapa orang. Setelah melakukan pendakian dengan berjalan kaki sampai disebuah papan penunjuk arah yang menandakan perjalanan menuju Air Terjun Ngungun Saok, dari sini masih harus diteruskan dengan menuruni tebing. Sebelum menuruni tebing curam tersebut Anda juga diharuskan membayar uang masuk sebesar Rp. 3000,-.

Tak lama menuruni tebing, suara dentuman air mulai terdengar yang menadakan Air Terjun Ngungun Saok semakin dekat. Namun untuk sampai di dasar masih ada perjuangan yg harus dilakukan, yaitu menuruni tebing batu dengan kemiringan hampir 90 derajat, lengah sedikit batuan besar akan menanti jauh di dasar sungai. Agar memudahkan pengunjung menuruni tebing batu penduduk setempat juga telah memasang tali pancang sehingga pengunjung bisa berpengangan pada tali tersebut untuk menuruni lokasi.

Rasa letih Anda langsung terbayar sesampainya di Air Terjun Ngungun Saok. Aliran air yang bening dan menampakkan dasar batuan indah dengan kedalaman satu hingga dua meter. Selain kebeningan air, Ngungun Saok juga dipercantik dengan  tebing batuan yang menjulang tinggi, di satu sisi tebing dihiasi dengan dengan air terjun yang tidak terlalu besar, sehingga nyaman jika berada dibawahnya untuk mendinginkan badan.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-barat/air-terjun-ngungun-saok-wisata-alam-tersembunyi-di-sumatera-barat.html
Comments
Loading...