Air Terjun Napal Carik, Surga Di Belantara Muara Enim

0 59

Air Terjun Napal Carik

Air Terjun Napal Carik adalah sebuah air terjun yang terletak di Kawasan Desa Muara Emil, Kecamatan Tanjung Agung, Muaraenim, dan berjarak sekitar 80 km dari Kota Muaraenim. Konon, air terjun ini merupakan tempat persembunyian dan taman pemandian seorang gadis cantik, bernama  Putri Dayang Rindu.

Air terjun itu sendiri bentuknya bertingkat-tingkat, dengan nuansa asri hutan alam perawan yang masih sangat melekat di tempat itu. Bentuknya yang bertingkat-tingkat, bahkan sekilas laksana taman atau tempat khusus pemandian para puteri kerajaan. Belum di ketahui, apakah tempat itu memang situs purbakala, atau memang air terjun yang tercipta oleh alam.   

Untuk menuju ke Napal Carik, bisa melalui desa Muaraemil maupun Pagar Dewa, Kecamatan Tanjung Agung, Muaraenim. Jaraknya tidak begitu jauh sekitar 20 km saja. Namun untuk menuju ke lokasi air terjun Napal Carik, bukanlah hal yang mudah. Sebab, jalan yang penuh lumpur tanah tidak bisa ditembus oleh kendaraan roda empat sekalipun menggunakan doble garden.

Hanya kendaraan roda dua yang dimodifikasi dengan cara melepas spoke bor motor dan menambah gerigi rantai di ban belakang hingga mampu menaiki jalan yang terjal dan berlumpur. tahun 1995 dan 2004 lalu, pernah dirintis jalan menuju ke lokasi tersebut. Tetapi hanya berupa jalan tanah yang dipadatkan untuk menuju ke air terjun Napal Carik dan kini kondisinya kembali hancur.

Menurut tokoh masyarakat dan tetua desa Muara Emil, Kadulah, 74, air terjun di Sungai Muara Emil tersebut dinamakan air terjun Napal Carik, karena suara airnya becarik (bergemericik) dan jatuhnya ke napal (tanah keras menyerupai batu). Sebenarnya air terjun Napal Carik tersebut cukup banyak di sepanjang sungai Emil, sebab banyak curug yang menyerupai ari terjun kecil. Tetapi Napal Carik inilah yang sering dikunjungi dan dikenal adalah tempat bermain, mandi dan bersembunyi putri Dayang Rindu.

Source http://www.lenterapendidikan.com http://www.lenterapendidikan.com/berita/muara-enim/view/napal-carik-syurga-di-belantara-muara-enim.html
Comments
Loading...