Air Terjun Munduk di Buleleng, Bali

0 24

Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk Buleleng merupakan salah satu wisata alam yang berokasinya di dataran tinggi menjadikan tempat ini sebagai tempat yang nyaman dalam menghabiskan waktu liburan. Terutama bagi Anda yang merasa bosan dengan suasana pantai di Bali Berada di ketinggian sekitar 800-900 meter di atas permukaan laut (mdpl), wisata ini memberikan kesejukan alam dan hijaunya pepohonan. Karena suasana alam yang menyegarkan sehingga sangat sesuai untuk tempat penghilang penat.

Perjalanan ke tempat ini bisa dilakukan dengan menyenangkan. Hamparan perkebunan cengkeh dan kopi menjadi sajian mata. Hijaunya dedaunan dan keasrian alam membuat sejuknya suasana. Pecinta trekking pasti sangat menikmati perjalanan dengan kaki ini. Hingga tak terasa tapak kaki harus berakhir dan menyaksikan keindahan guyuran Air Terjun Munduk.

Keindahan Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk ini merupakan air terjun yang masih alami dan belum tersentuh tangan manusia. Dengan ketinggian sekitar 15 meter, air yang mengalir dari atas memberi sensasi kesegaran yang tak terbatas. Di bawah air terjun terbentuk kolam air yang lumayan luas dengan kontur tanah landai tidak berbatu sehingga sangat menyenangkan bagi wisatawan untuk mandi ataupun berenang. Diapit oleh tebing tinggi yang ditumbuhi vegetasi khas pegunungan, menambah indah pemandangan di sekitar air terjun.Air yang mengalir dari Air Terjun Munduk juga mengandung mineral seperti belerang atau sulfur. Sehingga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit bahkan berkhasiat untuk peremajaan kulit.

Rute Menuju Air Terjun Munduk

Air Terjun Munduk berada di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Berjarak sekitar 70 kilometer dari Kuta atau 82 kilometer dari Bandara Ngurah Rai. Dengan menggunakan kendaraan bermotor dapat ditempuh dalam 2 hingga 2,5 jam perjalanan. Waktu tempuh yang lama dikarenakan jarak yang jauh dan juga medan yanng dilalui.

Karena merupakan daerah pegunungan sehingga jalan berkelok, serta tikungan tajam menjadi tantangan tersendiri selama berkendara menuju lokasi wisata. Dari Bedugul, lokasi wisata air terjun ini berjarak sekitar 20 kilometer, ambil jalur lurus hingga menemukan pertigaan. Dari pertigaan ini pilih jalur ke arah Asah Gobleg, hingga menemukan papan penunjuk arah menuju lokasi Air Terjun Munduk.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Munduk

Meskipun merupakan objek wisata yang baru terkenal, tidak lantas Air Terjun Munduk sepi oleh pengunjung. Bahkan setiap akhir pekan atau musim liburan pengunjung selalu memadati lokasi ini. Selain harga tiket yang murah yakni 3.000 rupiah/orang dewasa dan 1.500 rupiah untuk anak-anak, kecantikan alam air terjun ini memang sangat layak untuk dinikmati.

Beberapa fasilitas penunjang pariwisata belum tersedia secara optimal, namun setidaknya sudah terdapat warung-warung makan sederhana di sekitar area yang menyediakan makanan dan minuman. Jangan datang ketika musim hujan, karena pasti sangat tidak menyenangkan bila tiba-tiba hujan. Dan kalau ingin merasakan suasana kedamaian lebih, baiknya datang selain hari weekend atau musim liburan untuk menghindari ramainya pengunjung.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/air-terjun-munduk-buleleng-keindahannya-sejukkan-siapa-saja-001013.html
Comments
Loading...