Air Terjun Mayung Putek, Wisata Alam Lombok Timur

0 12

Air Terjun Mayung Putek

Air Terjun Mayung Putek merupakan salah satu tempat wisata alam yang memiliki perbedaan dengan air terjun yang ainnya. Kamu harus melihat sendiri perbedaannya. Air Terjun Mayung Putek memiliki ketinggian sekitar 60 m. Yang unik, air terjun ini memiliki kandungan belerang sehingga airnya berwarna putih. Nah! Maka dari itu, airnya dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Aliran air terjun ini berasal dari luapan Danau Segara Anak yang terletak  di puncak Gunugn Rinjani.

 

Air terjun Mayung Putik terletak di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun-Kabupaten Lombok Timur. Untuk kamu para traveller yang tidak sabar ingin menikmati sejuknya Air Terjun Mayung Putek, dapat menuju tempat ini dengan rute melewati kawasan Lombok Timur yaitu lewat Mataram – Narmada–Mantang–Kopang–Terara–Sikur–Aikmel–Suwela–Sapit–Lemo–Sembalun Bumbung–Sembalun Lawang Bira. Jika kamu dari Lombok Utara, kamu dapat melewati jalur Mataram–Pusuk atau sepanjang jalan Pantai Senggigi–Pemenang–Tanjung–Godang – Selengan–Batu Gembung–Desa Senaru–Dasan Grisak–Desa Sambek Elen–Bira.

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Mayung Putek, kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit melewati jalan setapak menuruni anak tangga sebanyak 244 berbentuk melingkar mengikuti kontur pinggang tebing sungai Kokoq Puteq, melewati bukit dan menyeberangi sungai hingga tiba di lokasi air terjun berada. Tentu saja untuk menuju Air Terjun Mayung Putek  bukanlah perjalanan yang mudah. Kamu pun harus membawa bekal yang cukup karena penjual makanan akan sangat sulit ditemukan di daerah ini.  Akan tetapi lelah yang kamu rasakan  akan segera terobati begitu kamu menyaksikan kesejukan yang luar biasa dari percikan air terjun.

Kamu tidak perlu mengeluarkan budget untuk parkir dan tiket masuk karena free alias gratis. Wah! fantastik, bukan? Kamu pun bisa memotret momen indah kamu dengan background  air terjun yang tampak begitu digdaya. Terlebih lagi, selain pemandangannya yang indah, air terjun ini juga memiliki legenda. Legenda tersebut menyangkut nama Mayung Putek. Mayung Putek adalah sebuah nama dalam bahasa Sasak yang berarti Rusa Putih yang konon menurut dongeng di masa lalu di lokasi air terjun ini sering terlihat binatang rusa yang berwarna putih yang sedang mandi atau minum. Coba saja sesekali kamu berlibur ke air terjun ini, barangkali dongeng itu benar-benar terjadi.

Source https://www.holidayislombok.com https://www.holidayislombok.com/nikmati-kesejukan-air-terjun-mayung-putek-di-lombok-timur.html
Comments
Loading...