Air Terjun Mauhalek, Wisata Alam di Kota Belu

0 28

Air Terjun Mauhalek

Air Terjun Mauhalek merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Atambua, NTT sungguh menerbangkan khayalan. Bentuknya seperti air terjun yang kita tonton di film tentang dunia peri di negeri dongeng. Kabupaten Belu di NTT yang berpusat di Atambua, bukan sekadar tapal batas Indonesia dengan Timor Leste. Daerah ini menyimpan banyak potensi wisata yang belum banyak terjamah wisatawan.

Lokasinya ada di Desa Raiulun, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu. Jaraknya sekitar 33 km dari pusat Kota Atambua yang ditempuh selama 1 jam naik mobil. Jalan aspal cukup mulus sampai ke desa itu. Kecuali memang ada pembangunan Jalan Raya Sabuk Merah Perbatasan yang merupakan pelebaran dan perbaikan jalan.

Petunjuk arahnya kecil, gapura sederhana bertulisan ‘Selamat Datang di Air Terjun Mauhalek’. Akses setelah jalan raya adalah jalan berbatu yang diportal dan dijaga pemuda desa yang memungut ongkos masuk Rp 5.000. Jalan berbatu menuju ke lapangan yang tidak begitu jauh. Begitu turun dari mobil, suara gemuruh air terjun sudah terdengar, pertanda lokasinya tidak begitu jauh. Kami menuruni tangga semen dan tibalah kami di Air Terjun Mauhalek.

Air terjun ini bukannya satu gelontoran yang jatuh dari ketinggian, melainkan jatuh ke tebing bebatuan. Airnya lantas pecah menjadi puluhan alur membentuk tirai-tirai air yang cantik. Air Terjun Mauhalek seperti diambil langsung dari dalam film dongeng tentang negeri para peri. Bentuk dan kecantikannya sungguh di luar imajinasi. Sayang, kecantikan air terjun ini belum diimbangi dengan fasilitas toilet atau kamar mandi yang memadai untuk pengunjung. Namun tentu itu tidak mengurangi kekaguman kita dengan Air Terjun Mauhalek. Musim hujan sepertinya memang waktu yang cocok untuk datang ke sini. Debit air yang besar membuat air terjunnya jadi lebih indah. Tapi hati-hati dengan batuan yang licin. Kalau kamu liburan ke Atambua, pastikan kamu bertualang ke Air Terjun Mauhalek. Silakan terpesona dengan keajaiban air terjun negeri dongeng.

Source https://travel.detik.com https://travel.detik.com/domestic-destination/d-3485740/ada-air-terjun-ala-dunia-peri-di-atambua
Comments
Loading...