Air Terjun Malet Kuta Mesir di Bangli, Bali

0 34

Air Terjun Malet Kuta Mesir

Air Terjun Malet Kuta Mesir memiliki ketinggian sekitar tujuh meter dan lokasinya berada di tengah-tengah lembah. Lokasi: Dusun Malet Kuta Mesir, Desa Tiga, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli, Bali. Air Terjun Malet Kuta Mesir lokasinya sekitar 400 meter dari pusat permukiman warga. Air terjun setinggi tujuh meter ini berada di tengah-tengah lembah dan memiliki aliran air yang tipis. Di sekitar air terjun terdapat banyak sumber mata air yang dikenal dengan nama patirtan. Biasanya, air yang sangat jernih dan bebas dari pencemaran itu sering dimanfaatkan warga untuk keperluan upacara keagamaan. Di dekatnya, juga terdapat Pura Taman yang disungsung masyarakat sekitar.

Tak hanya itu, di lokasi ini juga ada kubangan lumpur yang memiliki luas sekitar 1×1 meter. Kubangan lumpur ini diyakini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. ”Selain air di patirtaan sering digunakan untuk malukat, lumpur yang ada di kubangan itu juga sering dijadikan lulur. Itu diyakini mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Selain warga sekitar, khasiat air dan lumpur itu juga mampu mengundang perhatian masyarakat dari daerah lain seperti Denpasar, Gianyar dan Badung. Kedatangan pengunjung biasanya bertepatan dengan hari baik atau hari suci.

Meski sangat potensial, namun fasilitas bagi pengunjung kawasan air terjun sangat terbatas. Akses jalan belum memadai. Ke depan, pihak desa merencanakan penataan. Hal ini dilakukan tak hanya berkaitan dengan kepentingan masyarakat saat melaksanakan upacara yadnya namun juga untuk menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung.

Source http://bali-travelnews.com http://bali-travelnews.com/2016/09/15/mari-berwisata-ke-air-terjun-malet-kuta-mesir/
Comments
Loading...