Air Terjun Makunggal, Wisata Alam Lingga

0 27

Air Terjun Makunggal

Air terjun yang mana menjadi kategori sebagai jajaran 10 besar yang sering disebutkan untuk pilihan terbaik dalam berlibur di Kabupaten Lingga. Menimati alam nan sejuk dengan jatuhnya air dari atas tebing menuju dasar sungai. Dengan ketinggian yang dimiliki bisa saja melebihi 10 meter bahkan lebih memang menyenangkan. Bermain di bawah rintikan Air Terjun Makunggal  tentu bisa dilakukan asalkan hati-hati. Jika berada di lingkungannya saja sudah dinikmati dinginnya suasananya.

Bagaimana bila langsung terjun ke sungai untuk langsung berenang menuju jatuhnya air dari atas ini. Kedinginan bahkan menggigil bisa saja pengunjung alami sekejab setelah kaki diturunkan ke dasar sungai dimana air terjun turun. Pesona keindahan apa yang bisa dinikmati, sehingga harus sampai rela dan datang jauh hanya untuk  melihat air terjun ini. Mungkin Anda sendirilah yang harus mengeksplornya. Namun jika Anda memaksa, baiklah mungkin pesona keindahan yang pastinya didapat adalah salah satu air terjun yang hampir kurang terjamah tangan manusia.

Bisa dibayangkan bukan, itu artinya air terjun ini masih terjaga keasrian alamnya dan begitu hijau pastinya. Keindahan yang tak kalah menarik terletak pada dinding-dinding air terjun dengan bebatuan coklat mengkilap. Seolah begitu bening seperti batu pasangan buatan. Bebatuan di bawah dasar air yang besar-besar sehingga menjulang sampai permukaan air sungai. Anda tidak perlu khawatir air yang begitu deras jatuh dari atas ketinggian sehingga arus yang ditimbulkan begitu besar karena Air Terjun Makunggal mengalir langsung melalui bebatuan tadi tanpa mengalami terjun bebas karena ada kemiringan tebing.

Daya Tarik di Air Terjun Makunggal

Kalau sudah berada di tempat wisata yang seperti ini pasti momen mengabadikannya adalah momen yang ditunggu-tunggu. Apalagi jika mempunyai banyak media sosial sehingga bisa sharing. Oleh sebab itu bagi Anda yang mengunjungi wisata rasanya wajib untuk menikmati keindahanya dengan berfoto untuk mengabadikan moment tersebut. Keindahan air terjun bisa ditampilkan dalam rupa alam sekitarnya yang masih hijau asri dengan hutan yang lebat dan masih terjaga kealamian, udara sejuk dan cuaca yang dingin pasti akan dirasakan dibandingkan dengan kota yang hanya bisa merasakan rasa panas.

Akses Menuju Air Terjun Makunggal

Sayangnya seperti yang telah disebutkan diatas, karena air terjun ini tidak pernah dijamah tangan manusia maka akses ke lokasi pun cukup rumit. Dari sinilah yang menjadi masalah kenapa para pelancong tidak menemukan surga yang tersembunyi di Desa Resun ini. Keterbatasan ini juga yang membuat masalah dan membuat air terjun ini masih asing di telinga masyarakat. Untuk dilewati kendaraan pun hanya akan menghambat bahkan tidak bisa sama sekali. Namun di sinilah letak petualangannya, untuk Anda yang senang berucap “ngetrip”.

Tips Berwisata Ke Air Terjun Makunggal 

Jika Anda ingin berwisata Air Terjun Makunggal, Anda harus perhatikan dengan baik beberapa hal berikut ini agar liburan berjalan sesuai rencana yang telah direncanakan jauh haru, yaitu:

  • Berhati-hatilah dan bersikaplah sopan karena ketika berlibur kita berada di lingkungan orang lain.
  • Karena akses yang kurang memadai, maka sebaiknya Anda mencari tour guide terlebih dahulu jauh-jauh hari ketika mau mengunjungi.
  • Jika saat di sana Anda ingin terjun ke air maka sebaiknya hati-hati karena banyak batu besar di sekitar area tersebut.
  • Jika sebelumnya wisata ini masih belum banyak terjamah tangan manusia maka jangan coba rusak alam tersebut dengan membuang sampah sembarangan, mencoret-mencoret fasilitas dan mengganggu biota alam di air atau di hutan.
Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Air-Terjun-Makunggal
Comments
Loading...