Air Terjun Lubuak Bulan, di Kota Payakumbuh

0 78

Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan ini terletak di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Koto, Sumatera Barat. Kenapa diberi nama Lubuak Bulan? Karena air cucuran dari air terjun ini jatuh tepat di kolam atau yang sering disebut lubuk dimana kolam tersebut memiliki bentuk menyerupai bulan sehingga diberi nama Lubuak Bulan.

Ada yang unik dari air terjun ini, biasanya setiap air terjun memiliki aliran air yang mengalir ke sungai tetapi berbeda dengan air terjun ini. Air terjun lubuak bulan ini tidak memiliki aliran air, air yang jatuh ke lubuk seperti hilang begitu saja. Dari beberapa sumber dikatakan jika sebenarnya air yang jatuh ke lubuh tidak hilang begitu saja tetapi karena dibawah lubuk tersebut terdapat goa panjang yang menyerap air tersebut sehingga air tersebut seolah-olah menghilang. Ditempat ini para wisatawan tidak bisa berenang, mereka hanya bisa menampung air yang jatuh dengan kedua tangannya.

Perlu di ketahui, air terjun ini belum bisa ditemukan di gmaps, mungkin karena daerah koto Tinggi Kubang Balambak merupakan daerah yang terisolir di kabupaten Lima Puluh Koto. Bukan hal yang mudah untuk bisa sampai ke tempat ini, ada medan berat yang menunggu untuk dilalui. Jika ingin menjangkau air terjun yang unik ini sebaiknya gunakan motor trail, sekalipun kalian menggunakan kendaraan kalian juga harus berjalan kaki melewati jalan setapak di hutan serta ladang. Kalian tahu air terjun Tanjung Jaro? Nah air terjun ini tidak jauh jaraknya dari air terjun Tanjung Jaro, sekitar 4 km.

Rute Menuju Air Terjun Lubuak Bulan

Perjalanan dari kota Payakumbuh sampai ke air terjun Lubuak Bulan menghabiskan waktu sekitar 4-5 jam. Dari kota Payakumbuh bergeraklah ke daerah Simpang Kapuak, untuk perjalanan ini kalian akan menghabiskan waktu sekitar satu setengah jam. Sesampainya di Simpang Kapuak kalian akan menemukan medan yang sangat berat berupa trek pendakian bukit yang merupakan jalan kecil yang hanya bisa dilalui oleh motor, kalian juga akan menemukan tanjakan yang terjal yang sudah tidak bisa dilalui lagi oleh motor, hingga akhirnya sampai ke perkampungan Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak.

Namun perjalanan tidak berakhir sampai disni, masih ada jarak 17 km yang masih harus ditempuh. Dari perkampuan ini kalian harus melewati jalan setapak, kemudian memasuki kawasan hutan yang masih sangat asri, setelah itu kita akan menemukan ladang gambir milik warga, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 3 jam lamanya. Setelah bertemu dengan ladang gambir kalian akan menemukan belantara pepohonan kemudian tebing curam yang menuju ke kaki lembah.

Jika kalian sudah mendengar gemuruh jatuhnya air maka itu artinya kalian sudah tidak jauh dari tempat yang dituju, yaitu Lubuak Bulan. Perjalanan melelahkan yang cukup menguras tenaga saat harus mengendarai motor mencapai bukit yang terjal di Simpang Kapuak serta perjalanan kaki 3 jam di perkampungan Jorong Koto Tinggi akan dibalas tuntas dengan ketenangan yang kamu temukan di air terjun Lubuak Bulan. Sesampainya disana kalian akan diasingkan oleh hiruk pikuk kota dengan semua kebisingan klakson kendaraan, disini kalian hanya akan menemukan ketenangan yang menahan kalian untuk menghabiskan hari ditempat itu.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Lubuak Bulan

Tidak ada biaya masuk untuk menikmati tenangnya air terjun yang ajaib ini. Ditempat ini dipastikan kalian tidak akan menemukan satupun penjual, jadi persiapkan semua hal yang mungkin akan kalian butuhkan selama di perjalanan. Jangan lupa check keadaan motor kalian, pastikan semua dalam keadaan baik, dan usahakan untuk menggunakan kendaraan sendiri tetapi lebih baik menggunakan kendaraan bermotor, karena kalian akan menemukan banyak jalanan yang tidak akan bisa dilewati oleh kendaraan roda empat.

Source https://wisato.id https://wisato.id/wisata-alam/air-terjun-lubuak-bulan-payakumbuh/
Comments
Loading...