Warning: unlink(/tmp/5914058945c6f253f68cbf38062a4c44-vfWnXW.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Air Terjun Long Beluah Kalimantan Utara

0 82

Air Terjun Long Beluah

Air Terjun Long Beluah Lokasinya tidak jauh dari starting point Arung Jeram Long Beluah yang baru-baru ini lagi trend di kalangan para pecinta alam dan pecinta arung jeram. Adanya Air Terjun Long Beluah ini semakin melengkapi tempat wisata di Kalimantan Utara khususnya di Desa Long Beluah, Kecamatan Tanjung Palas Barat. Selain itu masih di kawasan yang sama wisatawan juga bisa melihat beraneka ragam jenis anggrek yang dikenal dengan hutan anggrek.

Air Terjun Long Beluah ini memiliki kolam di bawahnya yang cukup luas dengan tingkat kedalaman yang sedang. Bahkan kamu juga bisa merasakan sensasi cliff jumping di Air Terjun Long Beluah. Arung Jeram Long Beluah Belum lama ini ada salah satu warga yang mencoba menaklukkan arus Giram Gaharu dan juga Giram Kerabang di Desa Long Beluah yang amsih di dalam wilayah Kecamatan Tanjung Palas Barat. Seperti Giram Gaharu memiliki panjang sekitar 500 meter sementara Giram Kerabang lebih dari 1 km. Dan ini sebuah potensi wisata yang sangat luar biasa dengan memanfaatkan sungai yang ada di Kabupaten Bulungan untuk olahraga arung jeram.

    

Dan menariknya lagi masih di wilayah yang sama ditemukan juga hutan anggrek dan juga air terjun yang begitu indah. Desa Long Beluah memang sangat layak menjadi desa wisata atau tempat wisata di Kalimantan Utara yang berpotensi meningkatkan ekonomi masyarakat setempat melewati sektor pariwisata. Air Terjun Long Pin Pesona air terjun ini sungguh luar biasa, apalagi dengan debit airnya yang cukup besar dan dilengkapi kolam alami di bawahnya akan semakin mengundang decak kagum bagi siapapun yang mendatanginya.

Air Terjun Long Pin memiliki ketinggian kira-kira 10 meter dengan guyuran air jernihnya seringkali dimanfaatkan oleh penduduk terdekat sebagai tempat mandi serta berendam. Dengan bebatuan di sekelilingnya serta rapatnya pepohonan semakin menambahkan kesa yang begitu alami di tempat wisata di Kalimantan Utara ini. Air Terjun Telaga 17 Lokasi air terjun ini berada di Pulau Bunyu dan memang masih belum begitu banyak traveler yang mengetahui Air Terjun Telaga 17. Meskipun banyak pertambangan batubara dan pengeboran minyak di Pulau Bunyu masih tetap ada air terjun dengan keasrian alamnya yang masih sangat terjaga.

Memang ketika musim kemarau airnya tidak begitu deras tetapi ketika musim penghujan debit airnya cukup besar, setidaknya bisa buat berendam kolam yang ada di bawah air terjun. Air Terjun Telaga 17 memiliki ketinggia tidak lebih dari 5 meter dengan pepohonan yang cukup rindang di sekelilingnya cukup nyaman untuk tempat bersantai ketika berada di Pulau Bunyu. Batu Tumpuk Cukup unik untuk destinasi wisata alam berikut ini, yakni Batu Tumpuk. Bebatuan besar yang terlihat seperti bertumpukan ini menjadi salah satu tempat wisata di Kalimantan Utara yang tergolong cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar Bulungan.

Dengan didukung panorama alam sekitar yang masih begitu banyak pepohonan yang menjulang tinggi menjadikan Batu Tumpuk memiliki udara yang cukup sejuk. Selain itu bisa juga dijadikan sebagai spot fotografi yang sangat menarik dengan background bebatuan besar yang menjulang tinggi, akan menghasilkan sebuah foto yang sangat artistik. Untuk lokasinya sendiri masih terletak di dalam wilayah Kecamatan Tanjung Palas Utara. Crown Water Sport Jika dari pusat Kota Tanjung Selor maka lokasinya sebelum obyek wisata Air Terjun Idaman. Crown Water Sport ini juga dikenal degan obyek wisata Sungai KM 16.

Jadi cukup menari ketika kamu ingin wisata di wilayah Tanjung Selor, kamu bisa ke Air Terjun Idam terlebih dahulu selanjutnya mampir di Cungai KM 16. Crown Water Sport ini wisata alam, yang menyajikan keindahan panoram sungai dengan airnya yang jernih serta pemandangan alam hutan yang masih tampak begitu asri. Dan di Sungai KM 16 ini juga ada air terjun dengan kolamnya yang cukup dalam, jadi kamu bisa melakukan cliff jumping, tapi tetap yang namanya keselamatan harus menjadi hal utama. Kamu bisa berendam atau berenang, bahkan memancing di tempat wisata di Kalimantan Utara ini.

Crown Water Sport ini juga termasuk destinasi wisata alam yang menjadi favorit warga lokal, jadi jangan heran kalau hari libur juga ramai dikunjungi wisatawan. Dermaga Tidung Disebut juga oleh banyak warga atau traveler dengan Dermaga Cinta, mungkin karena suasana romantis ketika senja dengan panorama sunsetnya mungkin ya. Dan memang di dermaga inilah salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset di Pulau Bunyu. Sudah pasti yang namanya selfie menjadi kewajiban ketika kamu menikmati sunset di Dermaga Tidung.

Tempat wisata di Kalimantan Utara yang juga berfungsi bersandarnya kapal-kapal nelayan dan juga penumpang ini memang cukup ramai ketika sore hari. Selain menikmati indahnya sunser, bagi para pemancing mania juga bisa merasakan sensasi strike ikan laut yang menghuni di bawah Dermaga Tidung. Goa Tenguyun Selain Goa Gunung Putih di kawasan Gunung Putih juga ada goa yang sangat menantang untuk dikunjungi, yakni Goa Tenguyun. Tidak terlalu besar mulut goanya hanya beberapa meter saja diameternya.

Jika kamu ingin melihat relief alami dinding Goa Tenguyun kamu harus membawa peralatan yang cukup lengkap seperti senter menjadi peralatan yang sangat wajib kamu bawa ketika kamu ingin caving. Tempat wisata di Kalimantan Utara ini memang tergolong masih sepi, karena masih kalah gaungnya dengan obyek wisata Gunung Putih. Gunung Putih Salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Bulungan yang begitu ramai dikunjungi wisatawan adalah Gunung Putih. Tempat wisata di Kalimantan Utara ini memang menyajikan panorama alam yang begitu mempesona, tidak hanya sekedar gunung kapur yang menjulang tinggi saja, tapi hamparan persawahan yang mengelilinginya seakan menghiasi Gunung Putih.

Lokasinya yang berada di Desa Gunung Putih, yang masih di dalam wilayah Kecamatan Tanjung Palas ini cukup mudah dijangkau. Dan di lokasinya sendiri pun wisatawan tetap bisa menaiki puncaknya dengan mudah, karena sudah dibangun anak tangga untuk memudahkan para pengunjung. Konon katanya goa yang ada di Gunung Putih ini dulunya digunakan sebagai tempat semedi oleh Sultan Bulungan. Cukup menarik memang, salah satu obyek wisata di Bulungan yang menyimpan cerita sejarah yang cukup kental. Hutan Mangrove Pulau Bunyu Tak lengkap rasanya ketika kamu mengunjungi Pulau Buru hanya menikmati pantainya saja tanpa mampir di Hutan Mangrove Pulau Bunyu.

Tidak hanya sekedar menikmati lebatnya hutan mangrove saja, tetapi juga ada Bekantan yang ada di dalam Hutan Mangrove Pulau Bunyu. Meskipun jarang terlihat dan tidak sebanyak di hutan mangrove Tarakan, tetapi jika kamu beruntung kamu bisa melihatnya. Tempat wisata di Kalimantan Utara ini ada yang cukup menarik yakni spot selfie di jembatan kayu yang ada di dalam hutan mangrove. Dengan background rimbunnya mangrove dan artistiknya jembatan kayu mangrove akan menghasilkan sebuah karya fotografie yang cukup mengagumkan.

Museum Kesultanan Bulungan Tak lengkap rasanya liburan kamu ketika menginjakkan kaki di Kabupaten Bulungan tanpa mampir di Museum Kesultanan Bulungan. Berbagai macam koleksi peninggalah Kesultanan Bulungan sangat tertata dengan rapi, mulai dari barang-barang peninggalan, serta buku-buku, dan berbagai macam barang peninggalah yang memang sangat khas dengan adat Bulungan. Museum Kesultanan Bulungan ini sudah memiliki usia ratusan tahun. Namun hingga kini saja kokoh berdiri, selain menjadi cagar budaya, juga menjadi tempat wisata di Kalimatan Utara yang wajib untuk dikunjungi.

Pantai Cemara Disebut juga dnegan nama Pantia Mangkupadi, selain berada di Desa Mangkupadi, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Pantai Cemara ini juga berdekatan dengan Pantai Kelapa. Memiliki pasir pantai yang cukup putih dan bersih, air lautnya yang biru serta ombaknya yang tidak begitu besar menjadi spot terbaik untuk menghabiskan hari libur kamu. Apalagi jika tidak nyebur di pantai atau hanya sekedar menikmati keindahan panorama Pantai Cemara dari pinggir pantai dan berpayung pohon cemara. Dan yang lebih menarik lagi, di Pantai Cemara atau Pantai Mangkupadi ini cukup sering digelar event kebudayaan atau acara adat yang bisa kamu nikmati kearifan lokalnya ketika kamu berada di Pantai Cemara.

Source http://lincestepanus.blogspot.com http://lincestepanus.blogspot.com/2018/02/air-terjun-long-beluahlokasinya-tidak.html
Comments
Loading...