Air Terjun Liang Tojok, Wisata Alam di Pakpak Barat

0 22

Air Terjun Liang Tojok

Air Terjun Liang Tojok ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang  berada di Jambu, kecamatan Siempat Rube Pakpak Bharat tepatnya di desa Mungkur dengan jarak kurang lebih 9 Km dari ibukota kecamatan.

Liang Tojok berpotensi menjadi objek wisata karena disekitarnya memiliki keindahan panorama alam yang menarik seperti adanya air terjun dengan tinggi sekitar 20 meter dan yang paling menarik adalah gua yang cukup dalam sepanjang 30 meter. Gua ini diberi nama oleh masyarakat setempat dengan sebutan “Liang Tojok”. Kata liang adalah bahasa Pakpak yang artinya Gua. Sampai saat ini belum ada fasilitas pendukung yang dibangun untuk mengembangkan objek wisata Liang Tojok. Jalan menuju lokasi belum terawat dan hanya berupa jalan setapak.

Jika dikembangkan objek wisata Liang Tojok akan menambah koleksi unggulan Pakpak Bharat yang mungkin akan segera dikembangkan. Karena prioritas pemerintah saat ini adalah mengembangkan objek wisata Lae Simbilulu di kecamatan Tinada, Lae Une di kecamatan PGGS dan Eluh Berru Tinambunen di Kecamatan Sitellu Tali Urang julu (STU Julu).

Source http://www.rentalrudimedan.com http://www.rentalrudimedan.com/2014/04/liang-tojok-dan-liang-karing-potensi.html
Comments
Loading...