Air Terjun Lengang Laiya, Maros

0 9

Air Terjun Lengang Laiya

Air Terjun Lengang Laiya yang terletak di Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatan Cendrana Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.
Air Terjun Lengang Laiya dinamakan demikan karena letaknya yang berada di Desa Laiya, yakni perkampungan yang terbentuk akibat pertemuan tempat persinggahan gerilya di zaman dahulu. Yang membuat air terjun ini lebih menarik adalah medan yang dilalui serta keindahan sepanjang jalan menuju air terjun tersebut. Jalan berbatu dibungkus dengan tanah liat, juga tanjakan-tanjakan serta tikukangan-tikungan tajam menambah daya berpetulang tempat tersebut.
Tak mengherankan jika air terjun Lengang Laiya masih sulit terjamah. Jika anda berkunjung ketempat ini anda akan mendapati suasana alam yang begitu kental, tidak jauh berbeda dengan nuansa malino, ditempat ini juga ada banyak pohon pinus. Yang oleh sebagian dari penduduk memanfaatkannya sabagai sumber pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan.
Untuk bisa sampai ketempat tersebut anda bisa menggunakan kendaraan beroda dua yang dapat langsung menemui air terjunnya tanpa perlu berjalan kaki, tetapi yah seperti yang admin paparkan sebelumnya, anda harus betah terguncang-guncang akibat jalan yang rusak dan kemungkinan yang paling buruk adalah jatuh berkali-kali. 
Itumah pengalaman admin. dan jika anda menggunakan kendaraan beroda empat, anda harus menguakan otot-otot kaki karena anda akan berjalan kurang lebih 2 kilo meter untuk bisa sampai di air terjun Laiya. dan dan jangan pernah mengunjungi tempat ini pada musim penghujan, mengapa demikian? Karena akan semakin menyulitkan anda  karena tanah merah menjadi basah yang mengakibabkan jalanan  menjadi licin.
Air Terjun ini memiliki 2 tingkat. Yakni pada bagian atas air terjun. Dari spot tersebut kita dapat menyaksikan keindahan air terjunnya dari atas. Bebatuan yang tersebar tak beraturan dengan ukuran yang berbeda-beda namun indah. Lalu, bagian bawah, untuk bisa mencapai tempat tersebut kita perlu menuruni  bukit-bukit kecil dengan medan yang tak kalah extremenya. Salah injak sedikit adduh, mati kita. Hehe tidak, tidak, tidak semenyeramkan itu.
Source https://anekawisatanusantara.blogspot.com https://anekawisatanusantara.blogspot.com/2016/06/wisata-alam-air-terjun-lengang-laiya.html
Comments
Loading...