Air Terjun Lembang Saukang

0 17

Air Terjun Lembang Saukang

Air Terjun Lembang Saukang  merupakan salah satu obyek wisata air terjun 7 tingkat yang berada di Desa Sukamaju, Kecamatan Tellulimpue. Menariknya, konon air terjun ini dulu merupakan tempat mandi para Raja dan putri-putri kerajaan ketika mereka melintasi Tellulimpoe.

Untuk sampai ke lokasi air terjun, memang perlu tenaga ekstra dengan bertanya kepada penduduk sekitar agar tidak tersesat. Akses yang mulus menuju Desa Sukamaju cukup menggunakan mobil atau sepeda motor dengan waktu tempuh 40 menit dari Kota Sinjai.

Untuk penggunjung dari Makassar, dapat menggunakan dua jalan alternatif, yaitu rute Makassar-Maros-Bone-Sinjai atau Makassar-Gowa-Takalar-Bantaeng-Bulukumba-Sinjai. Potensi wisata Air Terjun Lembang Saukang yang bertingkat ini memang belum tergali maksimal. Dahulu air terjun ini memiliki 7 tingkat karena debit airnya yang deras dan jatuh ke bawah melewati struktur batuan berbentuk tujuh tingkatan.

Namun pasca bencana banjir dan longsor yang menimpa Desa Sukamaju pada tahun 2006, akhirnya struktur batuan mengalami perubahan. Kini struktur bebatuan yang tertata apik itu sisa 3 tingkat. Lokasi wisata yang dikeliling pepohonan hijau, membuat suasana menjadi sangat sejuk.

Hanya dengan merogoh kocak Rp 3.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat, pengunjung bisa menikmati panorama air terjun dari pegunungan yang dingin ini dan beragam spesies tumbuhan maupun pepohonan. Terdapat juga sebuah jembatan gantung yang menghadap ke arah air terjun.

Tak puas menikmati keindahan alami Air Terjun  Lembang Saukang, ternyata Tellumlimpoe juga masih memiliki kawasan pengembangan buah-buahan dan perkebunan, seperti durian montong, rambutan, mangga, jeruk, apel, dan langsat. Tanaman kebun seperti cengkih, cokelat, merica dan vanili bisa di cari di sini.

Source https://makassar.terkini.id https://makassar.terkini.id/air-terjun-lembang-saukang-keindahan-tersembunyi-di-ranah-tellulimpoe/
Comments
Loading...