Air terjun Leke-leke di Tabanan, Bali

0 54

Air terjun Leke-leke

Air terjun Leke-leke atau Kipuan Kebo merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Br. Kerobokan, Desa Mekarsari, Kec. Baturiti, Tabanan – Bali, peta lokasi menuju tempat ini cek google maps. Berada di jalur Denpasar – Singaraja, dari arah kota Denpasar searah dengan tujuan objek wisata Bedugul, jarak dari Denpasar sekitar 49 km sedangkan dari objek wisata danau Beratan Bedugul sekitar 15 km. Jadi jika anda mengagendakan tour di Bali menuju jurusan ini anda bisa mengunjungi air terjun Leke-leke dan danau Beratan sekaligus.

Untuk menuju ke tempat atau lokasi air terjun Leke-leke memang perlu sedikit perjuangan, seperti namanya diberikan nama Leke-leke karena tempat tersebut agak sukar ditemui dan akses jalan ke lokasi melalui jalan setapak dan berliku-liku oleh sebab itulah, oleh warga objek wisata tersebut lebih tepat dinamakan air terjun Leke-leke. Sebuah tempat cantik, suasana alam yang indah dan asri, seolah tersembunyi dari keramaian dan hiruk pikuk manusia.

 

Perjalanan menuju ke tempat ini melalui kawasan pedesaan dengan pemukiman penduduk dan juga perkebunan warga, terletak di dataran tinggi sehingga suasana alamnya sejuk dan hijau di sekitarnya. Setelah sampai di tempat parkir kendaraan, melanjutkan perjalanan dengan melalui jalan setapak. Membayar tiket masuk Rp 10.000/orang, petugas juga menyiapkan tongkat kayu untuk membantu anda dalam perjalanan trekking menuju ke lokasi air terjun.

Jalan tanah setapak yang dibuat warga ini berliku-liku, anda yang suka wisata petualangan perjalanan menuju air terjun Leke-leke bisa menjadi sebuah petualangan kecil yang sanggup memberikan sensasi berbeda. Untuk melewati sungai dibuatkan juga jembatan bambu untuk melintasinya, jangan lewatkan juga untuk foto selfie, mengabadikan perjalanan anda bersama yang terkasih, ada dua buah jembatan bambu yang anda lewati dan akhirnya akan mengantar anda ke ujung pencarian yaitu air terjun Leke-leke.

Suasana alam yang asri, damai dan penuh ketenangan menyambut kedatangan anda di air terjun Leke-leke, sebuah air terjun dengan latar bebatuan terlihat berpadu asri dengan alam sekitarnya, walaupun debit airnya tidak begitu besar namun pesona alamnya cukup mengagumkan, membuat anda betah dan damai mengasingkan diri di tempat ini. Sebuah tempat tersembunyi dan jauh dari keramaian, berhawa sejuk dan udaranya yang segar bisa membuat pikiran dan tubuh fresh kembali, sangat cocok untuk melepas rasa penat.

Oleh pengelola di tempat ini juga disediakan sejumlah tempat duduk, sehingga pengunjung bisa bersantai dan lebih leluasa menikmati keindahan dan suasana alam air terjun. Air terjun Leke-leke, oleh warga dikenal juga dengan nama Kipuan Kebo yang berarti tempat mandi dan minum kerbau. Tempat jatuhnya air di atas kubangan yang tidak begitu lebar, berdekatan dengan air terjun terdapat sebuah cerukan kelihatan seperti sebuah goa.

Oleh warga setempat, air terjun Leke-leke dikenal juga sebagai kawasan suci sehingga pengunjung diharapkan tetap menjaga etika, kesopanan, kelakuan dan perkataan termasuk juga tidak membuang sampah sembarangan. Di kawasan ini juga terdapat genah (tempat) untuk melukat (meruwat) dua buah pancuran disediakan bagi mereka yang ingin melakukan ritual melukat, air jernih dan bening bersumber dari mata air pegunungan. Bagi wanita yang sedang menstruasi ataupun mereka yang sedang kesebelan (ada keluarga meninggal) tidak diperbolehkan untuk melukat.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/air-terjun-leke-leke/
Comments
Loading...