Air Terjun Langkuik Tinggi: Surga Tersembunyi Di Kab. Agam

0 11

Air Terjun Langkuik Tinggi

Air Terjun Langkuik Tinggi adalah destinasi saya selanjutnya. Sama seperti postingan air terjun sebelumnya, lokasi wisata ini berada di Malalak, sebuah kecamatan yang berada di Kab. Agam Provinsi Sumatera Barat. Tepatnya di desa Nyiua, Malalak Selatan. Bagi saya pecinta hiking/ treking dan pecinta air terjun, ini merupakan tempat yang indah untuk di jelajah.

Untuk menuju lokasi ini bisa melalui jalan alternatif Padang – Bukittinggi yang biasa disebut Simaka. Jika kita dari Bukittinggi kita belok kanan dari Simp. Padang Lua. Jika kita dari Padang bisa melalui Simpang Sicincin. Lokasi Kecamatan ini sendiri di sisi barat Gunung Singgalang, tentu saja daerah ini dingin. Menurut warga sekitar pun lebih kurang 17 air terjun ada di kecamatan ini. Yang menarik dari beberapa air terjun ini tentu saja di lokasi ini, karena di dalam satu perjalanan kita bisa menemukan 5 air terjun yang indah dan menawan.

 

Tepatnya di daerah Nyiua desa Malalak Selatan. Gampang kok, dengan menggunakan google maps, kita juga bisa menemukan tempat ini. Untuk menemukan tempat ini di perjalanan bisa di temukan posko dan ada spanduknya. Untuk masuk ke lokasi ini kita harus parkir di posko dan di kenakan biaya parkir Rp. 5000 yang nantinya di jaga petugas keamanan. Selanjut kita di arahkan untuk melaporkan jumlah anggota kepada pihak posko untuk di catat informasi jumlah yang berangkat. Dan tidak lupa kita membayar karcis masuk yang di kelola warga Rp. 5000 per orang. Jika kita ragu dalam perjalan bisa menggunakan guide yang biasanya di lakukan oleh anak – anak remaja sekitar. Untuk jasanya kita bisa membayar mereka seikhlasnya.

Perjalanan Air Terjun Langkuik Tinggi

Awal mula perjalanan menuju tempat ini melewati hamparan sawah, jadi ya masih datar lah. Bantuan selama perjalanan tentu saja ada, untuk menuruni akar – akar pohon yang besar, biasanya warga setempat sudah memasang bantuan pegangan tangan untuk membantu turun. Yang pasti tujuan kita disini untuk treking dan menikmati air terjun. Jadi jangan menggunakan sandal jepit. Ada baiknya menggunakan sepatu atau sandal treking untuk menghindari resiko terpeleset ataupun terjatuh.

Akhirnya tidak lama pun terdengar suara khas air terjun. Namun untuk mencapai dekat air terjun ini  harus menyebrangi sungai yang deras. Tapi tidak usah khawatir, karena ada tali yang di buat oleh penduduk lokal untuk menyebrang. Namun tidak ada salahnya tetap berhati hati ketika menyeberang. Air terjun yang kedua ini tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu deras, bisa di katakan spot inilah yang tepat untuk berenang. Sambil berenang ternyata banyak juga ikan – ikan disini.

Source https://www.a-pradana.net https://www.a-pradana.net/air-terjun-langkuik-tinggi-surga-tersembunyi.html
Comments
Loading...