Air Terjun Langkuik Tamiang, Wisata Alam di Agam

0 34

Air Terjun Lankuik Tamiang

Sumatera Barat, adalah provinsi dengan jumlah pegunungan yang sangat banyak. Terhitung ada 19 gunung menghiasi provinsi yang kaya akan objek wisata ini. Sehingga Ranah Minang memiliki banyak air terjun cantik. Sebut saja Air Terjun Lembah Anai, Sarasah, Aka Barayun, Air Terjun Timbulun dan masih banyak lagi. Namun, air terjun satu ini belum terlalu banyak diketahui orang.

 

Tetapi keindahannya malah lebih hebat daripada air terjun-air terjun yang telah populer, air terjun ini bernama Air Terjun Langkuik Tamiang Malalak. Jorong Nyiur, Kenagarian Malalak Selatan, Kecamatan Malalak Kabupaten Agam, yang terletak di bagian barat Gunung Singgalang, adalah tempat persembunyian 5 Air Terjun Langkuik. Karena letaknya yang berada di pedalaman hutan yang lebat, maka lokasi ini menjadi destinasi yang cocok bagi Anda pecinta petualangan.

Akses Menuju Air Terjun Lankuik Tamiang

Ada beberapa pilihan jalur untuk menuju ke air terjun ini. Pertama, via Bukittinggi-Malalak. Kedua, via Padang Pariaman-Malalak. Namun lebih disarankan ambil jalur via Bukittinggi-Malalak. Yang mana akan menempuh waktu sekitar 1 jam berkendara. Sampai desa Nyiur, lalu menikung sedikit ke kanan akan terdapat gerbang atau pintu masuk ke Air Terjun Langkuik Tamiang di sebelah kiri.

Para pemuda setempat yang mengelola lokasi akan menyambut kedatangan tamu dengan ramah dan sopan. Waktu tempuh menunju ke Air Terjun Langkuik Tamiang dari jalan raya sekitar 45 menit. Diharapkan kondisi tubuh sangat prima, karena medan menuju air terjun cantik ini sangat berat. Mendaki dan menuruni tebing terjal dengan kemiringan ekstrim, serta menyeberangi sungai dan menapaki bebatuan licin.

Keindahan Air Terjun Lankuik Tamiang

Namun saat satu persatu dari 5 Air Terjun Langkuik menampakkan diri maka kelelahan di perjalanan akan berganti dengan keterpukauan. Di Langkuik Tinggi, pengunjung bisa menyaksikan keindahan air jatuh dari puncak bukit, berpadu gemuruhnya suara air yang menimpa bebatuan besar di bawahnya. Air Terjun Langkuik Tinggi berada di sebuah lembah yang sempit mempesona.

Tebing-tebing yang hijau serta rambatan-rambatan air yang turun menyusuri dedaunan akan semakin memperindah panorama di Air Terjun Langkuik Tinggi. Tak mengherankan sejak dibuka untuk umum dua tahun lalu dan foto-foto air terjun cantik ini beredar di dunia maya, maka semakin berjubel wisatawan mendatangi keajaiban alam Malalak ini.

Source https://aet.co.id https://aet.co.id/pariwisata/air-terjun-langkuik-tamiang-malalak
Comments
Loading...