Air Terjun Laileru : Wisata Baru di Sumba Timur

0 37

Air Terjun Laileru

Desa Tandula Jangga terletak di Kecamatan Nggaha Ori Angu Sumba Timur. Untuk sampai ke desa ini dengan menggunakan mobil tidak butuh waktu lama, paling 45 menit perjalanan sudah sampai. Dari Waingapu perjalanan ke arah Makamenggit, persis sampai ke Pasar Pajolang Makamenggit belok kanan, ada jalan beraspal menuju desa Tandula Jangga.

Setelah masuk ke desa Tandula Jangga untuk sampati ke dusun Watu Motu, ikut jalur kanan menelusuri lembah melalui jalan tanah hitam dan tanah putih yang masih baik saat musim kering, karena menurut warga Dusun Watu Motu kalau sudah musim hujan tidak ada kendaraan yang bisa masuk dusun ini. Kalau berani pasti kendaraan akan tertanam di lumpur dan sulit untuk melanjutkan perjalanan.

Potensi air di dusun ini bisa digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro PLTMH. Di dusun Watu Motu, dari ketinggian dusun langsung terdengar keras bunyi air terjun yang ada dilembahnya. Warga setempat Babu Jara Lodu mengatakan ada banyak air tenjun di sungai Laileru, dan airnya ada sepanjang tahun meskipun musim kemarau. Bunyi sambung menyambung air terjun dari beberapa titik disungai ini terdengar sampai jarak 3 KM dari tempat tersebut.

Air terjun ini tidak begitu tinggi terjunannya tetapi air yang terjun cukup deras dan disekitar terjunan air ada kolam air yang cukup luas untuk tempat mandi dengan air yang bening kehiajuan dan arus air tidak kencang. Dari pola sungai,  cukup banyak titik  air terjun yang ada di dusun Watu Motu ini. Tidak menutup kemungkinan bila di waktu mendatang air terjun Laileru di Dusun Watu Motu akan menjadi daerah witasa baru di Sumba Timur yang akan didatangi banyak orang.

Source https://sumbapunyacerita.wordpress.com https://sumbapunyacerita.wordpress.com/2014/12/06/air-terjun-laileru-tujuan-wisata-baru-di-sumba-timur-2/
Comments
Loading...