Air Terjun Kumbi, Wisata Alam di Lombok Barat

0 125

Air Terjun Kumbi

Air terjun Kumbi ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang  berada di Lombok Barat, tepatnya di Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Tempat wisata lombok dengan mengunjungi Air terjun Kumbi dapat dijangkau dengan transportasi darat. Air terjun ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit jika ditempuh dari kota Mataram.

Estimasi 30 menit ini untuk mencapai pintu masuk Balai Taman Hutan Raya Nuraksa Sesaot. Untuk akomodasinya, menuju air terjun ini dapat ditempuh dengan relative mudah tetapi juga terbatas karena masih dapat dilalui kendaraan serta jalanan yang dilalui untuk rute sudah beraspal. Untuk masalah fasilitas yang ditawarkan, objek wisata air terjun Kumbi di Lombok ini belum terlalu lengkap. Bahkan masih terbilang kurang karena belum memiliki kamar mandi atau toilet, dan fasilitas pendukung lainnya yang dibutuhkan pengunjung.

Keindahan Air Terjun Kumbi

Namun, walaupun memiliki beberapa keterbatasan, tetapi anda dijamin tidak akan kecewa terhadap bentangan alam yang dimilikinya. Air terjun Kumbi menawarkan keindahan alam yang masih alami dan jauh dari kesan terjamah tangan manusia. Mengapa dinamakan Kumbi? Alasannya sederhana, sebab air terjun ini terletak di Dusun Kumbi. Untuk beberapa waktu terakhir, air terjun Kumbi cukup banyak didatangi oleh wisatawan dalam maupun luar negeri. Meskipun untuk mencapai lokasi ini, kebanyakan dari mereka masih harus mengandalkan akomodasi dari tempat persewaan mobil. Sebab untuk mencapai tempat ini tidak semudah kelihatannya.

Dengan tidak adanya pembangunan infrastuktur yang mencukupi, sebenarnya hal ini mempengaruhi Lombok dalam hal pendapatan. Dalam hal pendapatan pariwisata, Lombok masih kalah saing dengan Bali. Walaupun sebenarnya banyak sekali objek wisata di Lombok yang sangat menjual dari segi visualnya saja. Sungguh sangat disayangkan bila kondisi ini berlangsung terus-menerus. Oleh karenanya, masih dibutuhkan banyak sekali bantuan dari banyak pihak, khususnya pemerintah, untuk membantu pengembangan objek wisata ini, salah satunya dengan meningkatkan pembangunan fasilitas umum.

Daya Tarik Air Terjun Kumbi

Di samping itu semua, tentu saja air terjun Segenter atau Kumbi memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Keunggulan air terjun Kumbi adalah anda dapat mencapai lokasi air terjun dengan four wheel drive atau bisa juga soft tracking. Keduanya sangat seru, lho! Dengan soft tracking, anda tidak hanya dapat menikmati wisata alam, melihat banyak vegetasi, tetapi juga belajar banyak hal mengenai vegetasi yang tumbuh di sana. Sedangkan dengan four wheel drive, adrenalin anda sangat dipacu dan tentu sangat seru dan menyenangkan, bukan? Batu-batuan dan sungai yang terbentuk sangat menambah keindahan air terjun ini, ditambah pengunjung yang tidak terlalu banyak bahkan jarang, membuat air terjun ini sangat menampilkan sisi privacy-nya. Suara gemericik air dari air terjun setinggi 10 hingga 15 meter membuat suasana semakin tenang dan relaks.

Source http://www.ninabarbosa.com http://www.ninabarbosa.com/2016/12/10/sejuknya-wisata-air-terjun-kumbi-lombok/
Comments
Loading...