Air Terjun Klenting Kuning Pesona Tersembunyi di Semarang

0 128

Air Terjun Klenting Kuning

Air Terjun Klenting Kuning merupakan salah satu wisata alam yang mempesona tersembunyi Air Terjun Klenting Kuning ini berada di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Mendengar namanya terdengan unik namun sepertinya tidak asing. Namanya seperti nama seorang gadis cantik yang akhirnya dipilih oleh Ande-ande Lumut. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter tersebut, berada di sebelah barat lereng Gunung Ungaran, agak tersembunyi dari khalayak ramai, menyimpan pesona yang tersembunyi dari sebuah desa yang bernama Kemawi.

Keindahan Air Terjun Klenting Kuning

Meski tersembunyi, Curug ini termasuk lengkap fasilitasnya meski sederhana. Terdapat kamar ganti dan toilet, pendopo terbuka untuk beribadah dan juga gubug untuk menikmati pemandangan. Tebing bebatuan dari Air Terjun Klenting Kuning ini berwarna kekuningan, sepertinya sumber air yang mengalir di sini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, meski dari baunya sama sekali tak tercium adanya bau belerang. Selain Klenting Kuning, di area ini juga terdapat 3 lagi air terjun. Curug Klenting Biru yang paling dekat dengan ketinggian sekitar 4 meter dan juga Klenting Hijau yang masih sedikit tertutup semak belukar.

Harga Tiket Air Terjun Klenting Kuning

Untuk melihat grojogan klenting kuning, kita hanya merogoh kocek sebesar Rp.4.000/orang dan biaya parkir Rp.2.000/ unit sepeda motor.

Rute Menuju Air Terjun Klenting Kuning

Untuk menuju ke grojogan Klenting Kuning yang berada di desa Kemawi ini kita bisa menggunakan dua rute yaitu rute Boja – Sumowono dengan menggunakan jalur jl.Limbangan – Sumowono jika dari arah Utara. Dan jika dari arah Ambarawa atau dari arah Selatan dengan menggunakan rute pasar Bandungan – Sumowono. Tenang saja, para pengunjung tidak usah bingung dan takut tersesat karena disini sudah terdapat spanduk besar di pinggir jalan menandakan lokasi Grojogan Klenting Kuning. Untuk menuju kemari pengunjung dapat menggunakan sepeda motor, mobil, truk, dan mini bus.

Source wisata tudentofbutterfly
Comments
Loading...