Air Terjun Kerta Gangga, Wisata Alam di Lombok Utara

0 16

Air Terjun Kerta Gangga

Air Terjun Kerta Gangga merupakan salah satu wisata alam yang berada di Desa Genggelang telah cukup lama dikenal oleh wisatawan. Hampir sebagian dari mereka yang sedang berlibur di Pulau Lombok menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Obyek wisata yang berlokasi di Kecamatan Gangga ini akan semakin ramai dikunjungi pada saat musim liburan. Salah satu keunggulan dari obyek wisata ini adalah terdapat 3 buah lokasi air terjun dengan ketinggian antara 35 hingga 40 meter. Dua buah air terjun berada di bagian atas dan lokasinya berdampingan, sedangkan air terjun lainnya berada di bawah.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5000/orang, wisatawan dapat menikmati keindahan dari 3 air terjun tersebut. Namun, untuk bisa mengunjungi air terjun ketiga yang berada di bawah, wisatawan sebaiknya memanfaatkan jasa pemandu setempat. Perjalanan untuk menuju ke air terjun yang satu ini cukup sulit karena harus menyebrangi sungai. Kegiatan yang sangat disukai oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara di tempat wisata ini adalah berenang atau bermain air. Sembari berenang, wisatawan juga bisa merasakan segarnya air yang jatuh dari ketinggian. Terapi alam ini dapat menghilangkan beban pikiran dari rutinitas sehari-hari.

Panorama alam di sekitar Air Terjun Kerta Gangga begitu indah. Aneka tanaman tumbuh dengan subur di desa ini. Terlihat para petani sedang memelihara sawahnya dari gangguan rumput liar, dan anak-anak tampak asyik bermain dengan riang gembira. Berwisata ke tempat wisata ini sungguh sangat menyenangkan, selain menikmati kesegaran dari Kerta Gangga Waterfall, wisatawan juga dapat menikmati suasana alam di Dusun Kertaraharja.

Fasilitas di Air Terjun Kerta Gangga

Obyek wisata ini belum dikelola secara optimal sehingga masih alami dan minim fasilitas. Namun, telah tersedia sebuah warung yang menjual minuman di Dusun Kertaraharja sebagai pendamping pada saat perjalanan menuju ke lokasi Air Terjun Kerta Gangga. Apabila wisatawan ingin mencari penginapan, umumnya mereka akan menginap di kawasan wisata Senggigi atau Kota Mataram.

Akses Menuju Air Terjun Kerta Gangga

Kerta Gangga Waterfall berada di Dsn. Kertaraharja, Desa Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara. Jika wisatawan berangkat dari Kota Mataram, membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan menempuh jarak sekitar 42 km. Wisatawan dapat menyewa mobil atau motor untuk menuju ke lokasi wisata ini. Sebagian besar kondisi jalan cukup baik, namun sekitar 2 km menjelang tiba di lokasi jalannya terasa kurang nyaman. Harga sewa motor di Pulau Lombok adalah sebesar Rp 50.000 per hari, sedangkan biaya sewa mobil sekitar Rp 600 ribu selama 10 jam (telah termasuk jasa sopir dan bahan bakar).

Source http://www.pergiberwisata.com http://www.pergiberwisata.com/air-terjun-kerta-gangga-lombok/
Comments
Loading...