Air Terjun Kedung Gupit Wisata Alam di Bojonegoro

0 116

Air Terjun Kedung Gupit

Air Terjun Kedung Gupit merupakan salah satu dari beberapa air terjun kecil di dalam kawasan Wisata Alam Kedung Tolok Imogiri. Keberadaan air terjun ini kurang menarik karena berukuran kecil dan tidak dapat digunakan sebagai obyek foto. Pengelola memasukkan kawasan air terjun ini dengan pertimbangan adanya mitos pada air terjun ini yang mampu menambah daya tarik wisata. Air terjun itu berada di Dusun Gayam, Desa Klino, Kecamatan Sekar, Bojonegoro. Untuk berkunjung ke air terjun Kedung Gupit, saat ini belum dipungut biaya alias gratis. Bagi anda yang ingin mencoba berkunjung, apabila dari pusat Kota Bojonegoro membutuhkan waktu sekitar 1 jam 25 menit.

Rute Menuju Air Terjun Kedung Gupit 

Rutenya pun ada beberapa pilihan. Yang pertama jika anda dari pusat Kota Ledre bisa melewati jalan poros utama Kecamatan Dander-Bubulan. Sesampainya di Kecamatan Bubulan terus ikuti jalan poros menuju Sekar, kemudian ambil jalan menuju Desa Klino. Yang kedua anda bisa melewati jalan provinsi Bojonegoro-Nganjuk, lalu ketika sampai di Terminal Betek, Desa/Kecamatan Gondang, ikutilah jalan poros utama kecamaatan menuju Desa Klino. Sesampainya di Desa Klino, anda bisa langsung melintasi jalan menurun menuju Dusun Gayam, di wilayah itulah Air Terjun Kedung Gupit berada.

Keindahan Air Terjun Kedung Gupit 

Keindahan air terjun Kedung Gupit sendiri tak kalah dengan wisata lainnya. Meski hanya memiliki ketinggian sekitar 10 mater, pemandangan tebing di sekelilingnya serta pepohonan menjadi daya tarik tersendiri untuk memanjakan mata. Akses menuju Air Terjun Kedung Gupit melalui tangga yang dialiri aliran air disebelah Kedung Cumplung. Kondisi medan jalan cukup licin dan diharapkan pengunjung berhati-hati dalam melangkah. Area Kedung Gupit ditandai dengan papan nama yang diletakkan di pepohonan sebelah atasnya.
Pemandangan Air Terjun Kedung Gupit tidak terlalu menarik dan terkesan biasa. Bentuk Air Terjun Kedung Gupit mirip dengan Kedung Cumplung namun ukurannya cukup kecil, lebih rendah, dan hanya sebagian aliran air yang menuju ke tempat ini (kedung). Kolam yang berada di Kedung Gupit memiliki kedalaman sekitar 80 cm atau kurang dari 1m. Orang-orang yang datang ke tempat ini hanya sekedar berfoto sebentar kemudian melanjutkan perjalanan menuju air terjun lain disebelah atas dari Kedung Gupit.
Source https://teamtouring.net https://teamtouring.net/kedung-gupit-imogiri-bantul.html
Comments
Loading...