Air Terjun Kayangan, Jeneponto

0 109

Air Terjun Kayangan

Keindahan air terjun Kayangan di kampung Punagaya, Desa Bontorappo, Kecamatan Taroang, Jeneponto menarik dikunjungi. Karena suasananya yang sejuk, indah, alami, dan airnya yang  jernih dan bersih.

Air terjun setinggi 25 meter ini menjadi alternatif berlibur di akhir pekan. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri. Karena di tempat ini ada dua kolam renang alami. Terdapat di dua sisi air terjun.

Kolam renang pertama berukuran 6 kali 12 meter terdapat di bawah jatuhnya air terjun dengan kedalaman 1,5 meter. Kolam renang kedua berukuran 3 kali 10 meter terletak di atas air terjun dengan kedalaman dua meter lebih. “Kita bisa berenang dengan keluarga.

Kayangan juga memiliki tangga alami yang terletak di bagian sisi utara. Tempat jatuhnya air terjun. Wisatawan bisa naik turun tangga batu yang masih alami untuk menuju ke kolam renang.

Padahal lokasi air terjun ini hanya berjarak sekitar 16 kilometer dari Bontosunggu, ibu kota kabupaten Jeneponto.

Akses masuk menuju air terjun Kayangan ini ada dua jalan alternatif. Pertama, wisatawan bisa  lewat di kampung Punagaya dengan  jalan kaki sejauh 350 meter sambil melewati hutan pohon jati.

Kedua, wisatawan bisa lewat akses jalan atau jembatan menuju ke Kalongko di Kelurahan Bontoraya, Kecamatan Batang dengan kendaraan roda dua dan empat.

Kemudian wisatawan bisa memarkir kendaraan di dekat jembatan Karikki dan melanjutkan berjalan kaki sejauh 300 meter. Melewati areal sawah dan kebun menuju ke air Terjun Kayangan. Pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya. Karena tempat ini masih alami dan belum dikelola pemerintah.

Source https://makassar.terkini.id https://makassar.terkini.id/air-terjun-kayangan-jeneponto-tempat-mandi-bidadari-dan-cari-jodoh/
Comments
Loading...