Air Terjun Kali Jodoh : Objek Wisata Alami di Pinrang, Sulawesi Selatan

0 51

Air Terjun Kali Jodoh

Air Terjun Kali Jodoh Terletak di Dusun Paweleang, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang dengan jarak kurang lebih 56km dari pusat kota Pinrang, dan waktu tempuh selama satu jam Air Terjun Kali Jodoh merupakan sebuah taman wisata alam yang indah, suasana segar dan air terjun yang jernih membuat siapa saja yang berkunjung ke wisata ini serasa betah dan ingin berlama-lama.

Tak hanya udara dan air terjun dingin yang Anda dapatkan saat liburan ke Air Terjun Kalijodoh. Ada mitos, wisatawan yang datang ke sini dan mandi di bawah airnya bisa dapat jodoh. Jadi mereka yang berkunjung ke wisata ini tidak hanya sekedar menyaksikan keindahan air terjun namun supaya mendapatkan pasangan, percaya tidaknya itu tergantung dari keyakinan masng-masing, namun menurut beberapa pengunjung katanya banyak yang sudah membuktikan dan langsung menemukan jodoh.  

Air terjun Kali Jodoh mempunyai cerita tersendiri. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, ada sepasang muda-mudi yang datang ke air terjun ini dan mandi di bawah aliran airnya. Keduanya berdoa untuk dipertemukan dengan jodohnya. Beruntungnya, doa mereka dikabulkan dan keduanya menikah. Cerita tersebut tidak hanya dipercaya penduduk sekitar, tapi juga wisatawan dari luar Pinrang.

Konon, menurut warga setempat sungai kali jodoh ini berasal dari dua sumber mata air yang mengalir dan bertemu di satu titik dan kemudian membentuk air terjun yang terlihat menawan, karna itulah air terjun ini dinamakan dengan Kali Jodoh, Terlepas dari mitos yang berkembang, Air Terjun Kali Jodoh memang menawarkan wisata alam yang menyegarkan. Anda akan disuguhkan dengan panorama alam pegunungan asri. Aliran air yang terjun bebas dari ketinggian sekitar kurang lebih 100 mdpl ini pun terlihat sangat jernih dan segar.

Untuk pergi ke wisata ini Anda cukup menyusuri jalan Trans Sulawesi ke arah utara Pinrang. Setibanya di lokasi, yang ditandai dengan gerbang hijau bertuliskan Air Terjun Kali Jodoh di sisi kiri jalan, Anda cukup membayar Rp. 10.000,- untuk bisa menikmati objek wisata ini. Memasuki gerbang, Anda masih harus berjalan beberapa meter dan ribuan anak tangga untuk bisa sampai di air terjun.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-selatan/air-terjun-kali-jodoh-tempat-mencari-jodoh-di-sulawesi-selatan.html
Comments
Loading...