Air Terjun Kalata, Destinasi Wisata Alam di Kab. Buton

0 4

Air terjun Kalata

Pulau Buton terletak di sebelah tenggara jazirah Sulawesi tenggara, memanjang di sisi timur pulau Muna dengan luas 4.408 km persegi. Luas pulau Buton ini sedikit lebih besar dari ukuran pulau Madura. Buton merupakan pulau terbesar ke 129 di dunia dan pulau terbesar ke-19 di Indonesia. Sebagian wilayah Pulau Buton didominasi oleh perbukitan kapur.

Wilayah hutan tropis yang luas masih dapat ditemukan di bagian tengah pulau terutama di seputar wilayah Lambusango. Tutupan hutan yang masih luas menyebabkan mata air, sungai dan air terjun banyak ditemukan di pulau ini. Salah satu air terjun yang cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat di akhir pekan adalah air terjun Kalata.

 

Lokasinya terletak di Desa Sukamaju, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton berjarak kurang lebih 20 km dari Pasarwajo melalui jalan yang mengarah ke Lasalimu. Waktu tempuh dari Pasarwajo kurang lebih 30 menit sampai satu jam. Dari jalan raya yang berkelok-kelok setelah pantai Bungi dan Pantai pasir hitam, kita harus berbelok ke kiri dan masuk sejauh kurang lebih 1,5 km.

Secara umum, kawasan di sekitar air terjun masih tergolong alami dan bersih. Tidak terlihat onggokan sampah di sekitar lokasi air terjun berada. Vegetasi hutan di kiri dan kanan sungai juga tumbuh rapat dan tinggi. Musim kemarau mulai bulan Juni hingga September adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke air terjun Kalata ini. Selain kondisi jalan tidak terlalu becek, debit air juga tidak terlalu besar. Air sungai juga lebih jernih.

Source https://dody94.wordpress.com https://dody94.wordpress.com/2016/07/17/air-terjun-kalata-pulau-buton/
Comments
Loading...