Air Terjun Kakek Bodo Wisata Alam di Pasuruan

0 124

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo, merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini cukup mudah, karena masuk dalam area wisata di kawasan Tretes. Dari rute surabaya kira-kira sekitar 51 Km dan dari Malang sekitar 70 Km, dengan 3 alternatif jalan masuk, yaitu pertama melalui Candi Jawi, kedua melalui area wisata taman safari prigen (TSI II) yang merupakan jalan masuk terdekat yang biasa di gunakan pengunjung dan ketiga, melalui jalan di belakang Hotel surya yang merupakan jalan terjauh dan biasanya jalan ini hanya dilalui oleh para pendaki yang akan menuju ke Gunung Welirang dan Gunung Arjuno atau dekat dengan area perkemahan.

Akses Menuju Air Terjun Kakek Bodo

Bila menggunakan transportasi umum, dari Surabaya atau Malang, naik bis turun di Pandaan kemudian dilanjutkan naik angkutan umum L300 ke Tretes, turun di pasar buah kemudian dilanjutkan turun ke area parkir di depan hotel Tanjung, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 Km menuju ke lokasi air terjun melalui jalan setapak yang terbuat dari cor semen dengan medan yang tidak terlalu menanjak. Air terjun Kakek Bodo ini berada pada ketinggian 850 Mdpl dan ketinggian air terjun hingga 40 Meter. Lokasi air terjun ini berada di lereng gunung Welirang, yang masih termasuk dalam kawasan hutan lindung di RPH Prigen, BKPH Lawang barat, KPH Pasuruan. Air terjun ini di beri nama kakek bodo, diambil dari kisah seorang kakek yang di anggap bodo (bodoh), tapi saleh dan jujur yang dulu pernah bekerja sebagai pembantu rumah tangga pada keluarga Belanda.

Kakek ini akhirnya meninggalkan keluarga Belanda tersebut untuk mensucikan diri dengan bertapa dan meninggalkan masalah keduniawian dan karenan sikapnya tersebut oleh keluarga Belanda tersebut di sebut kakeh bodo (bodoh). Namun, berkat pertapaan sang kakek mendapatkan kesaktian yang banyak digunakan untuk membantu masyarakat sekitar dan hingga sekarang masyarakat setempat masih mengkeramatkan makam sang kakek yang banyak dikunjungi peziarah lokal bahkan dari luar Pasuruan termasuk para pejabat besar. Di area air terjun ini disediakan berbagai fasilitas, seperti tempat penginapan, tempat bermain anak, mushola, warung-warung kecil, terdapat sebuah kolam renang dengan tiket masuk Rp.5.000,- dan juga area perkemahan. Di area air terjun ini masih ada 3 air terjun lain yang letaknya berdekatan dengan air terjun Kakek Bodo ini, yaitu air terjun Alap-alap dengan ketinggian 40 meter, air terjun Putuk Truno dengan ketinggian 45 meter dan air terjun Sengguruh dengan ketinggian 30 meter.

Source http://adventurewisata.blogspot.co.id http://adventurewisata.blogspot.co.id/2017/02/wisata-air-terjun-di-pasuruan.html
Comments
Loading...