Air Terjun Kabut Pelangi Pesona Keindahan Alam di Lumajang

0 9

Air Terjun Kabut Pelangi

Lumajang memang menyimpan banyak sekali objek wisata alam menarik, kota yang juga memiliki sebutan sebagai “kota pisang” ini selalu membuat siapapun ingin kembali berkunjung karena keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata alam menarik di Lumajang adalah Air Terjun Kabut Pelangi. Lokasi Air Terjun Kabut Pelangi terletak di Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

 

Warga lokal biasa menyebutnya Coban Kabut Pelangi, dinamakan demikian karena di lokasi wisata air terjun ini kondisinya sering berkabut dan apabila dapat momen yang pas Anda juga bisa menyaksikan pelangi di dasar jatuhnya air yang diakibatkan oleh pembiasan air dan cahaya matahari. Air Terjun Kabut Pelangi dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang dan masih termasuk dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) karena lokasinya masih berada di kaki gunung semeru, apabila Anda ingin menuju ke gunung bromo maka Anda akan melewati tempat wisata Lumajang ini.

Air Terjun Kabut Pelangi Lumajang memiliki tinggi kurang lebih 100 meter dan berada di dataran dengan ketinggian sekitar 1229 mdpl, menjadikan objek wisata air terjun tersebut terlihat sangat indah. Tiket untuk masuk lokasi air terjun hanya Rp5000,-. Salah satu keunikan dari air terjun ini adalah, sebelum Anda sampai di lokasi Air Terjun Kabut Pelangi Anda akan disuguhi pemandangan cantik Air Terjun Anak Kabut Pelangi. Air terjun ini memiliki karakteristik yang hampir sama namun lebih pendek.

Dari Air Terjun Anak Kabut Pelangi menuju lokasi Air Terjun Kabut Pelangi Anda harus berjuang melewati aliran air sungai yang mengalir yang bersumber dari Air Terjun Kabut Pelangi. Butuh kira-kira 15 menit untuk mencapai Air Terjun Kabut Pelangi. Aliran sungai dengan tebing yang menjulang tinggi menjadi daya tarik tersendiri. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan kawanan monyet tengah asyik bermain bergelantungan di pohon.

Sebagai objek wisata populer, fasilitas di Air Terjun Kabut Pelangi cukup lengkap, di kawasan Air Terjun Kabut Pelangi ini sudah terdapat mushola, toilet umum, tempat parkir, dan gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat. Selain itu juga terdapat camping ground bagi Anda yang ingin berkemah di area wisata air terjun, ditambah lagi juga terdapat kuda yang bisa Anda tunggangi untuk kembali ke pintu masuk, jadi Anda tidak perlu capek-capek berjalan lagi.

Rute untuk menuju Air Terjun Kabut Pelangi ini adalah jika dari kota Lumajang ikuti petunjuk ke Malang, setelah kantor Polsek Pronojiwo ada gang yang diatasnya sudah terdapat banner wisata Coban Kabut Pelangi. Masuk gang tersebut dan selanjutnya tinggal mengikuti petunjuk ke Coban Kabut Pelangi. Jika anda berangkat dari Malang ikuti petunjuk ke Lumajang melewati Turen-Dampit-Tirtoyudo-Ampelgading-Pronojiwo. Dari tempat parkir menuju lokasi Air Terjun Kabut Pelangi kurang lebih hanya berjarak 2 kilometer saja.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/air-terjun-kabut-pelangi-pesona-keindahan-alam-di-lumajang-jawa-timur.html
Comments
Loading...