Air Terjun Jurang Nganten Tanjung Pakis Aji Jepara Jateng

0 29

Air Terjun Jurang Nganten Jepara

Air Terjun Jurang Nganten ini merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Jepara yang  memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Airnya sangat jernih dan segar. Yang ingin mandi atau berenang bisa menghabiskan waktu dengan berendam di kolam air di bawah air terjun. Sensasi kesegaran serta hijaunya pepohonan menambah kesan natural yang mengasyikkan.

Lokasi wisata air terjun ini belum memiliki fasilitas sarana dan prasarana penunjang pariwisata. Ini dimaklumi karena memang lokasinya belum tersentuh tangan pemerintah lokal secara maksimal. Diharapkan dengan semakin banyaknya pengunjung, perhatian pemerintah terhadap geliat pariwisata di Air Terjun Jurang Nganten semakin tinggi. Sehingga sarana dan fasilitas pariwisata dapat dibangun dengan layak demi kenyamanan pengunjung.

Lokasi  dan Tiket Masuk Air Terjun Jurang Nganten

Air terjun ini terletak di Dukuh Turung, Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Anda tidak bisa langsung menyaksikan keindahan alam di tempat ini. Setelah parkir, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000. Dan perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh sekitar 500 meter melalui jalan setapak.Bagi pecinta trekking menantang, pasti menyukai trek jalan menuju Air Terjun Jurang Nganten ini. Karena memiliki medan yang cukup ekstrim, tak heran jika lokasi wisata ini sering digunakan oleh anak-anak muda pecinta alam untuk melakukan kegiatan di sekitar lokasi air terjun. 

Aksesbilitas Air Terjun Jurang Nganten

Berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Jepara ke arah timur laut dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Dari pusat kota Jepara arahkan kendaraan menuju kecamatan Pakis Aji lalu Pasar Lebak. Sesampainya di pertigaan Pasar Lebak berbelok ke selatan hingga tiba di perempatan yang ada haltenya. Di halte ini belok kiri lalu terus ikuti jalan hingga tiba di desa Tanjung. Dari desa Tanjung ini naik lagi (ke arah timur) sampai ujung desa (tidak ada rumah penduduk lagi) dengan jalan tidak berasal. Ikuti jalan ini hingga tiba di pertigaan jalan kecil dan ada tanda menuju lokasi air terjun Jurang Nganten berada.

Dari parkiran dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dan sungai yang berada di atas air terjun.  Bagi yang ingin mendekati dasar air terjun harus menuruni jalan setapak yang cukup curam dan licin dengan dinding tebing sebelah kanan dan jurang sebelah kiri yang hanya dibatasi dengan pegangan bambu seadanya. Jarak tempuh dari area parkiran hingga dasar air terjun sejauh kira-kira 500 m.
Source wisata epict
Comments
Loading...