Air Terjun Jeruk Manis, Lombok Timur

0 140

Air terjun Jeruk Manis ini merupakan salah satu wisata alam yang terletak bersebelahan dengan desa Tete Batu tepatnya di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur , Kabupaten Lombok Timur, Nusa tenggara Barat. Air terjun Jeruk Manis ini terletak sekitar 50 km dari pusat kota Mataram. Atau sekitar 2 jam perjalanan dengan roda dua ataupun roda empat. Untuk mencapai air terjun Jeruk Manis, anda harus berjakan kaki sekitar 1,5 km atau sekitar 30 menit. Medannya pun tidak sulit, ada sekitar 180 anak tangga dan di lanjutkan dengan jalan setapak batu yang disusun rapi. Hal ini akan menambah pengalaman anda karena sangat menyatu dengan alam.

  

Untuk masuk ke kawasan Air Terjun Jeruk Manis ini anda diharuskan membeli tiket, dan harganya tidak terlalu mahal. Sarana akomodasi yang terdapat di sekitar kawasan tersebutn pun bisa di bilang cukup lengkap. Terdapat beberapa home stay yang bisa anda singgahi serta rumah makan yang bisa anda kunjungi ketika anda membutuhkan sesuatu untuk bekal. Selain itu di sepanjang jalan setapak menuju ke air terjun terdapat beberapa berugak atau biasa disebut dengan gazebo yang bisa anda gunakan sebagai tempat istirahat sementara sembari menikmati pemandangan sekitar atau sekedar mengambil gambar dari pemandangan.

Air Terjun Jeruk Manis Lombok ini merupakan air terjun yang terletak diselatan Taman Nasional Gunung Rinjani. Air terjun yang terletak di bawah kaki gunung Rinjani ini memiliki hawa yang cukup dingin di karenakan letaknya. Namun jangan salah, suasana yang seperti inilah yang akan membawa ketenangan bagi anda. Ketika anda berada di sekitar Air Terjun Jeruk Manis ini anda akan melihat pemandangan yang masih asri sejauh mata memandang. Pemandangan hutan yang masih perawan ini akan membuat anda betah berlama lama di tempat ini.

Menurut cerita setempat, air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit terutama untuk proses penyuburan rambut. Untuk melakukan pengobatan di Air Terjun Jeruk Manis ini tidak asal – asalan. Di butuhkan upacara – upacara tertentu yang di pimpin oleh seorang pemangku atau ketua adat daerah tersebut. Beliau lah yang memohonkan kesembuhan kepada sang pencipta melalui air dari ar terjun Jeruk manis ini. Ritual pun di lakukan pada hari – hari tertentu yang sudah di pilihkan oleh si pemangku. Nah, bagi anda yang penasaran, anda bisa mencobanya dengan datang ke Air Terjun Jeruk Manis ini sembari rekreasi bersama keluarga dan orang – orang terdekat anda untuk memperoleh pengalaman baru yang berharga dan yang terpenting adalah pengalaman yang tak akan pernah anda dapatkan dimanapun.

Source http://wisatalombokmurah.com http://wisatalombokmurah.com/air-terjun-jeruk-manis-lombok/
Comments
Loading...