Air Terjun Jenum : Wisata Air Terjun di Kab. Berau

0 10

Air Terjun Jenum Berau

Air terjun yang berada di tengah hutan ini masih tergolong air terjun perawan dengan suasana yang begitu menenangkan. Mencari air terjun Jenum ini merupakan petualangan yang tak akan terlupakan. Air terjun yang membelah tebing sejauh 30 meter, di Berau, Kalimantan Timur.

Gemuruh air dan sejuknya udara sesaat membawa kita berada di harmonisasi alam. Menyusuri sungai Kelay dengan pemandangan khas hutan tropis Kalimantan, Indonesia Air terjun Jenum adalah satu di antara banyak surga wisata di Bumi Berau.

Jaraknya hanya tiga jam perjalanan menggunakan mobil, perahu ketinting, plus jalan kaki dari Tanjung Redeb, ibu kota Berau. Jarak dari Tanjung Redeb hingga ke pintu gerbang Kampung Merasa sekitar 72 kilometer. Kondisi jalan relatif baik. Selain berlapis aspal, sebagian juga sudah dilapisi dengan beton.

Jalur yang dilalui adalah Teluk Bayur, Labanan, hingga menyusuri jalan poros Berau–Samarinda. Tak sulit untuk menemukan posisi Kampung Merasa. Di kiri jalan dari arah Labanan, akan terlihat gerbang Kampung Merasa dari kayu yang sudah mendapat sentuhan ukiran khas Dayak ini.

Akan tetapi, dari gapura kampung menuju ke Kampung Merasa, kondisi jalannya masih tanah. Akses menuju kampung sepanjang 12 kilometer itu becek saat hujan.  Begitu tiba di bibir sungai, sebuah jembatan gantung menyambut setiap pengunjung yang datang.

Kampung yang dihuni sekitar 1.200 jiwa ini memang terletak di seberang Sungai Kelay. Beruntung kini sudah ada jembatan gantung. Sebelumnya, akses satu-satunya menuju kampung harus menggunakan perahu ketinting.

Source http://visitkaltim.id http://visitkaltim.id/attraction/air-terjun-jenum-berau
Comments
Loading...