Air Terjun Jembatan Batu, Maluku Utara

0 44

Air Terjun Jembatan Batu

Air Terjun Jembatan Batu merupakan obyek wisata alam yang berjarak sekitar enam kilometer di sebelah barat Desa Mede, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku. Air terjun setinggi sepuluh meter yang berada di dalam kawasan hutan Mede ini memiliki keistimewaan yang terletak pada lokasi sekitar air terjun tersebut.

Keistimewaan tersebut terletak pada bebatuannya yang berbentuk seperti sebuah jembatan batu alami. Hal tersebut yang menjadikan daya tarik obyek wisata ini. Batu yang saling menyambung ini, terlihat semakin kokoh dengan adanya pohon-pohon yang menyelimuti sebagian permukaannya. Bagi para pecinta alam yang memiliki hobi mendaki, tempat ini merupakan salah satu tempat yang patut dikunjungi untuk menaklukkan terjalnya dinding batu tersebut.

Selain terkendala tebing yang terjal, bebatuan yang lembab juga merupakan salah satu kendala dalam mencapai puncak tebing tersebut. Namun kesulitan tersebut akan segera terbayar lunas ketika Anda sampai di puncak tebing yang menyuguhkan keindahan panorama alami. Sensasi yang Anda rasakan saat melihat panorama Air Terjun Jembatan Batu dari atas sangatlah unik.

Ya, seperti melihat kolam renang dari atas atap yang berlubang. Namun sayang, bila hujan turun air terjun ini berwarna coklat bercampur dengan tanah. Tapi, jika tidak hujan air yang menggenang di kolamnya berwarna biru kehijauan. Dasar kolam tempat jatuhnya air bertekstur dominan pasir. Sisi kiri-kanan dasar lembah tempat aliran air terjun masih sangat asri ditumbuhi berbagai tumbuhan besar/kecil, dan di bagian sepanjang aliran airnya ada banyak batuan kali betebaran.

Di langit-langit jembatan batu terlihat cukup banyak sarang burung wallet mungkin dan banyak burung lain beterbangan di sekitar kolam air terjun. Air Terjun Jembatan Batu terletak di hutan Mede, sekitar 6 Km di sebelah barat desa Mede. Meskipun berada di wilayah Mede namun akses ke sana juga dapat dilakukan melalui desa Ruko. Anda bisa menggunakan angkutan umum tujuan Galela dari pertigaan Jl. Kemakmuran-Karianga lalu turun di desa Mede atau Ruko. Sejak lokasinya berada ditengah hutan Anda disarankan menyewa jasa pemandu lokal.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/maluku/air-terjun-jembatan-batu-yang-unik-maluku.html
Comments
Loading...