Air Terjun Jagir Wisata Alam di Banyuwangi

0 137

Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecaman Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Propinsi Jawa Timur. Berjarak sekitar 15 km ke arah barat daya dari pusat kota Banyuwangi dengan waktu tempuh sekitar 15-20 menit dengan kondisi jalan yang sudah bagus. Akses masuk ke lokasi ini sama dengan ke arah lokasi wisata Kalibendo, dimana letak air terjun ini sekitar 1 km sebelah timur Kalibendo.

Rute untuk menuju Air Terjun Jagir ini adalah Dari pusat kota Banyuwangi (simpang lima) perjalanan diarahkan ke Terminal Sasak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Glagah. Selanjutnya perjalanan tetep lurus ke arah barat hingga tiba di pertigaan Patung Barong di Desa Banjarsari. Dari pertigaan ini mengambil arah lurus melintasi Desa Kemiren hingga desa Taman Suruh Selanjutnya perjalanan diteruskan beberapa menit hingga masuk Dusun Kampung Anyar. Sesampainya di area parkiran perjalanan diteruskan dengan melewati jalan setapak menurun berundak sejauh kurang lebih 100 m yang di kanan kirinya sudah di beri pengaman.

Air Terjun Jagir ini memiliki ketinggian sekitar 20 m. Di lokasi ini ada 2 air terjun berdekatan yang berasal bukan dari aliran sungai melainkan dari 3 sumber air yang berbeda yaitu Sumber Jagir, Sumber Pawon dan Sumber Buyut Ijah. Karena letaknya yang berdekatan dalam satu lokasi, air terjun ini sering disebut pula Air Terjun Kembar atau Air Terjun Bersaudara, bahkan ada pula yang menyebutnya Air Terjun Bidadari, Air Terjun Kampung Anyar atau Air Terjun Pawon. Dari kedua air terjun tersebut, yang paling menarik perhatian adalah air terjun yang berasal dari mata air Sumber Pawon. Disebut begitu karena letak mata air nya berada di belakang dapur penduduk.

Selain itu air terjun ini bisa dikatakan paling indah karena aliran airnya tidak terlalu deras dan cukuo lebar, sehingga terlihat ada dua atau tiga terjunan air sekaligus di satu titik. Di bawah kucuran terjunan air ini terdapat kolam penampungan aliran air yang cukup luas sehingga dapat digunakan untuk mandi dan berendam. Tak jauh dari lokasi kedua air terjun di atas, kurang lebih 300 m ke arah barat akan ditemui satu air terjun lagi yang lebih tinggi, sekitar 40 m ketinggiannya. Masyarakat menyebutnya Air Terjun Kategan. Air terjun ini bukan berasal dari sumber.

Mata air melainkan dari aliran Sungai Kalibendo sehingga debit air yang dikucurkannya cukup deras. Akses untuk menuju Air Terjun Kategan masih berupa jalan setapak dengan menyusuri aliran sungai ke arah hulu. Untuk menikmati indhanya Air Terjun Jagir ini trip-er cukup membayar biaya parker saja sebesar Rp 3000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat karena sampai tulisan ini dibuat, Air Terjun Jagir masih belum ada karcis retribusi. Gimana trip-er, tertarik untuk ngetrip ke Air Terjun Jagir? Mari NGEtrip ke Banyuwangi dan terus lestarikan keindahan alam dan wisata Indonesia.

Source http://www.maringetrip.com http://www.maringetrip.com/2017/06/Air-Terjun-Jagir-Banyuwangi.html
Comments
Loading...