Air Terjun Jagasatru, Karangasem Bali

0 14

Air Terjun Jagasatru

Air Terjun Jagasatru merupakan obyek wisata yang juga menjadi kebanggaan Karangasem selain Pantai Amed ataupun Pantai Padang Bai. Wilayah Karangasem yang rata-rata berdaratan rendah nampak cantik dengan pesisir pantainya. Namun di Kecamatan Selat, suasana nampak berbeda dengan kesejukan karena memang wilayahnya berada di dataran tinggi.

Air Terjun Jagasatru Karangasem masih sangat alami dan belum mendapat sentuhan pembangunan sebagai fasilitas penunjang pariwisata. Oleh karenanya, kesan mistis dan aura spiritual di lokasi air terjun sangat kental terasa. Bagi yang ingin bermeditasi atau menenangkan diri, sangat pas jika dilakukan di lokasi air terjun ini. Tenang dan damai, itulah kesan yang didapatkan ketika menginjakkan kaki di obyek wisata Air Terjun Jagasatru. Memililki ketinggian sekitar 40 meter, menambah kesan fantastis pada air terjun ini. Debit airnya tak terlalu besar, tidak seperti Air Terjun Gitgit namun airnya tak kalah jernih karena mata airnya berasal langsung dari pegunungan.

Guyuran airnya langsung menuju bebatuan di bawahnya, dengan diapit tebing yang dikelilingi rimbunnya pepohonan tinggi dan besar. Sehingga tak heran jika suasana sejuk dan asri sangat terasa dan membuat nyaman jika berlama-lama bermain air ataupun berenang di kolam airnya. Ketika berkunjung ke Air Terjun Jagasatru Karangasem, disarankan membawa perbekalan makanan dan minuman dari rumah. Karena belum terdapat warung-warung yang berjualan di sekitar lokasi. Setelah lelah bermain air dan berenang sepuas hati, Anda bisa makan bekal yang dibawa di atas bebatuan di sekitaran air terjun. Namun yang harus tetap diperhatikan adalah untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam yang ada dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Rute Menuju Air Terjun Jagasaru

Air Terjun Jagasatru berlokasi di Dusun Puteh, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem. Wilayah Desa Duda Timur banyak dikelilingi oleh perkebunan salak dan juga areal persawahan sehingga menambah segar dan sejuk suasana desa tersebut. Jika ditempuh dari Denpasar memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Perjalanan menuju lokasi Air Terjun Jagatsatru Karangasem paling mudah dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sebelum berangkat menuju Air Terjun Jagasatru, semua perlengkapan perlu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Hal ini dikarenakan untuk menuju lokasi Air Terjun Jagasatru, wisatawan harus mengeluarkan tenaga ekstra. Lokasinya memang sedikit susah diakses sehingga perlu kesabaran dan tenaga lebih. Anda harus berjalan sekitar 1 kilometer sebelum mencapai lokasi air terjun. Lokasinya dipenuhi dengan bebatuan perbukitan terjal. Sangat cocok bagi pecinta petualang karena memberikan sensasi adrenalin yang luar biasa dalam menjelajah hutan hingga sampai lokasi. Perjuangan yang dikerahkan akan terbayar lunas oleh indahnya pemandangan air terjun di depan mata.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/air-terjun-jagasatru-karangasem-wisata-air-terjun-memukau-bali-00940.html
Comments
Loading...