Warning: unlink(/tmp/474ab38d254b7f2a73cd44ccb6f22411-Lq0K8Y.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Air Terjun Irenggolo Wisata Alam di Kediri Jawa Timur

0 111

Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo merupakan salah satu wisata sejarah yang terletak di Kabupaten Kediri, Jawa Timur tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo. Dari kota Kediri berjarak sekitar 28 km ke arah bara daya dan bisa memakan waktu paling cepat 30 menit. Sekitar 1 jam akan sampai di kawasan Air Terjun Irenggolo.

Dari sumber yang saya baca, jika berangkat dari kota Kediri rutenya yaitu berangkat ke arah barat melewati sungai Brantas yang membelah kota Kediri menuju ke daerah Poh Sarang, Kecamatan Semen menuju Besuki. Selanjutnya melintasi Desa Selopanggung dan akhirnya sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki. Di sepanjang jalan kami tidak melihat adanya papan petunjuk menuju air terjun Irenggolo, hanya ada papan petunjuk menuju kawasan Air Terjun Dholo.

Ikuti saja papan petunjuk tersebut karena searah dengan Air Terjun Irenggolo. Letaknya Irenggolo di lereng gunung, kita dituntut hati-hati karena pasti jalan berkelok-kelok dan kadang jalan tertutup kabut maupun licin, basah karena hujan. Sesampainya di kawasan Air Terjun Irenggolo kita harus berjalan kaki dulu  sekitar 200 meter melewati jalan setapak yang disediakan. Sambil berjalan kaki kita bisa melihat pemandangan lereng Gunung Wilis, suara burung berkicau riang, tumbuhan khas pegunungan bahkan bisa melihat burung menari dari dahan ke dahan, dari ranting ke ranting. Sesampainya di air terjun Irenggolo kami langsung berpisah, mencari sudut foto sendiri-sendiri.

Air terjun jatuh dari ketinggian 80 meter namun karena kemiringan lerengnya agak landai mungkin sekitar 40-45 derajat, kesannya tidak jatuh dari ketinggian 80 meter. Jika diperhatikan dengan seksama, batuan yang menjadi lintasan air terjun ini mempunyai bentuk yang unik seperti anak tangga. Saat bulan Suro (penanggalan Jawa) di air terjun ini terdapan prosesi adat Sesaji Tirto Husodo merupakan kegiatan ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat di Pegunungan Wilis sisi timur tepatnya berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo dan berlokasi di Air Terjun Irenggolo.

Sayangnya, indahnya Air Terjun Irenggolo tidak diikuti dengan indahnya fasilitas yang ada. Terlihat beberapa fasilitas seperti kamar mandi, kolam renang, dan beberapa wahana bermain kurang terawat. Padahal jika maksimalkan fasilitas tersebut bisa menambah daya tarik wisatawan untuk berwisata, bersantai, melepas kepenatan di kawasan Irenggolo.

Source http://www.catatannobi.com http://www.catatannobi.com/2013/12/air-terjun-irenggolo-pesona-wisata.html
Comments
Loading...