Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-wJJxTZ.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Air Terjun Gunung Rian yang Eksotis di Kalimantan Utara

0 58

Air Terjun Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian yang terletak di kaki Gunung Rian, Kabupaten Tana Tidung. Dinamakan Air Terjun Rian karena lokasinya terletak di Kampung Rian, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tanah Tidung (KTT), Kalimantan Utara. Air terjun ini memberikan suguhan alam yang begitu indah, dengan air jernih yang mengalir memberikan nuansa kesegaran yang luar biasa.

Air terjun ini menyimpan banyak keindahan yang tidak Anda dapatkan di lokasi wisata air terjun lainnya. Air Terjun Rian menyajikan sesuatu yang berbeda dan unik, sehingga Anda tidak akan bosan. Di sekeliling air terjun merupakan hutan tropis dengan vegetasi yang beragam. Di sini juga Anda akan dengan mudah mendapatkan atau menjumpai salah satu flora khas Kalimantan yaitu pohon Ulin. Pohon yang bernama latin aeusideroxylon zwageri. Ini merupakan vegetasi hutan tropis yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi karena kualitas kayunya yang memang berkualitas super. Inilah salah satu daya tarik objek wisata Air Terjun Rian di Kalimantan Utara. Bagi Anda para penggemar wisata alam dengan trek yang menantang, Air Terjun Rian adalah salah satu wisata pilihan.

  

Air Terjun Rian ini tingginya sekitar 90 meter sampai ke puncaknya dan jatuh melalui bebatuan terjal gunung rian yang terdiri dari 7 tingkatan, namun hanya tingkat 1 dan 2 saja yang sering dikunjungi oleh wisatawan, karena untuk mencapai tingkatan lainnya diperlukan tenaga ekstra, apalagi untuk sampai pada tingkat ke tujuh yang merupakan puncak Air Terjun Rian ini. Hanya untuk orang-orang yang berpengalaman dibidang panjat tebing saja yang bisa mencapainya. Di tingkat dua ini memang air yang jatuh belum terlalu tinggi, namun air terjun tingkat dua ini memiliki areal yang lebih luas dibanding dengan tingkatan selanjutnya dan bisa digunakan untuk berkemah. Jadi Anda bisa bermain air dengan nyaman dan menyenangkan.

Objek wisata alam Gunung Rian ini sebenarnya berada diantara dua daerah kabupaten, yakni Kabupaten Tana Tidung (KTT) dan Kabupaten Malinau. Perjalanan menuju lokasi wisata bisa dibilang cukup mudah, dari Tarakan Anda bisa menaiki speedboat dan singgah di pelabuhan Kabupaten Tana Tidung. Setelahnya perjalanan dilanjutkan melalui darat sejauh 28 km ke arah Malinau. Dari Malinau menuju lokasi adalah sejauh 45 km atau sekitar satu jam perjalanan dari Tidang Pali, Ibukota Kabupaten Tana Tidung. Meski lokasi Air Terjun Rian aksesnya cukup jauh dari kota, tapi tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke sini.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-utara/air-terjun-gunung-rian-yang-eksotis-kalimantan-utara.html
Comments
Loading...