Air Terjun Gunung Palang, Wisata Alam Pidie Aceh

0 27

Air Terjun Gunung Palang

Air Terjun Gunung Palang merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Gunung Palang, Desa Abah Lueng, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Perjalanan untuk menuju ke air terjun sendiri diperlukan perjuangan serta usaha ekstra. Setidaknya wisatawan harus melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari kaki Gunung Palang sekitar 3 jam lebih.

 

Lamanya perjalanan juga tergantung dari stamina para wisatawan, serta jalur yang ditempuh. Jika baru pertama kali berkunjung ke Air Terjun Gunung Palang, wisatawan disarankan untuk menggunakan pemandu dari warga setempat atau KOPALA yang telah mengetahui persis bagaimana kondisi medan. Karena wisatawan harus membelah hutan belantara yang masih liar, serta jalur yang cukup ekstrim. Namun berkunjung ke air terjun ini tetap seru dan mengasyikkan, apalagi bagi wisatawan yang hobi berpetualang serta menyukai tantangan.

Fasilitas Air Terjun Gunung Palang

Sayangnya fasilitas di Air Terjun Gunung Palang ini tak berbanding lurus dengan pesonanya yang memukau. Melihat potensi yang dimiliki, sebenarnya air terjun ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Pidie Jaya. Tentu diperlukan perhatian lebih dari pemerintah setempat untuk membangun infrastruktur di tempat wisata ini. Di tempat ini masih belum terdapat fasilitas umum seperti toilet, mushola atau masjid untuk beribadah. Biasanya, wisatawan terlebih dulu menitipkan kendaraannya di halaman rumah warga Desa Abah Lueng. Wisatawan juga bisa beribadah di mushola yang ada di pemukiman warga ini.

Kondisi jalan menuju Air Terjun Gunung Palang pun masih berupa tanah, sehingga terkadang membuat wisatawan enggan untuk datang ke tempat ini. Di lokasi, juga masih belum ditemukan warung penjual makanan dan minunam, jadi wisatawan disarankan untuk membawa bekal terlebih dahulu agar tidak kelaparan ketika tiba dilokasi wisata.

Berkunjung ke Air Terjun Gunung Palang bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin menikmati keindahan alam Pidie Jaya di akhir pekan. Apalagi, jika kamu seorang pecinta alam, hobi berpetualang dan menyukai tantangan maka tempat ini adalah tujuan yang pas untukmu. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan, saat berada di air terjun.

Keindahan Air Terjun Gunung Palang

Jika kamu berkunjung ke Air Terjun Gunung Palang, maka pandanganmu akan dimanjakan dengan fenomena air terjun cantik yang berada di dalam hutan belantara dan diatas gunung. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, kamu bisa menikmati suara gemuruh debur air yang setiap detiknya jatuh ke bebatuan sungai. Kamu juga bisa menikmati segarnya air dengan mandi atau berada dibawah air terjun. Rasakanlah sensasi terapi alami ketika air terjun jatuh menghujam dan membasahi seluruh tubuh. Keindahan alam hutan dan gunung juga bisa kamu nikmati ketika dalam perjalanan menuju air terjun.

Camping di Air Terjun Gunung Palang

Apabila kamu ingin bermalam, serta menikmati Air Terjun Gunung Palang lebih lama kamu bisa membangun tenda disekitarnya. Ajaklah beberapa teman atau kerabat, untuk merasakan pengalaman menikmati malam di alam liar. Ketika malam semakin larut, dan dingin mulai merasuki tubuh kamu bisa membuat api unggun untuk sekedar menghangatkan badan. Dengan bercamping di dekat air terjun ini, kamu akan mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak akan kamu lupakan selama hidup. Merasakan hangatnya api unggun, serta bercengkrama dengan teman dan kerabat, akan menciptakan sebuah kebersamaan yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan ditempat lain.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Air-Terjun-Gunung-Palang
Comments
Loading...