Air Terjun Gumandar Wisata Alam di Pasuruan

0 141

Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar merupakan salah satu wisata alam yang memiliki keindahan yang memukau Air Terjun Gumandar ini terletak di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, atau sekitar 7 Km dari desa setempat. Untuk menuju ke lokasi, bisa mengambil rute dari Malang atau Surabaya, bila menggunakan transportasi umum bisa menggunakan bis turun di Sukorejo, Pandaan, kemudian dilanjutkan dengan naik ojek sampai ke sekolah alam Kaliandra dengan ongkos Rp. 15.000,- atau minta diantar sampai perbatasan hutan dengan menambah ongkos, karena jalan dari sekolah alam menuju ke perbatasan hutan berupa jalanan makadam dari susunan batu.

Alternatif lain menuju ke tempat ini menggunakan kendaraan gardan seperti Jeep karena medan yang dilalui cukup berat dan dari perbatasan hutan menuju ke lokasi air terjun diperlukan ketahanan fisik yang lumayan karena harus berjalan kaki. Air terjun Gumandar ini unik, karena tidak mempunyai sungai yang menampung aliran dari air terjun, jadi air yang jatuh langsung terserap masuk kedalam tanah, kemudian keluar lagi menjadi sumber air yang keluar di sekitar pemukiman penduduk. Air terjun ini hanya bisa dilihat saat mendekati musim penghujan, karena di musim kemarau debitnya kecil. Tidak jauh dari lokasi air terjun Gumandar masih terdapat air terjun lain, yaitu air terjun deleg yang letaknya sekitar 11 Km dari sekolah alam Kaliandra.

Source http://adventurewisata.blogspot.co.id http://adventurewisata.blogspot.co.id/2017/02/wisata-air-terjun-di-pasuruan.html
Comments
Loading...