Air Terjun Grombong, Buleleng Bali

0 49

Air Terjun Grombong

Air terjun tersebut berada di Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Menurut penuturan warga di desa Lemukih, asal muasal nama air terjun Sekumpul muncul, karena akses pertama kali menuju air terjun tersebut dari desa Sekumpul sehingga sekarang lebih dikenal dengan nama air terjun Sekumpul, kemudian beberapa tahun belakangan akses baru menuju air terjun dibuat dari desa Lemukih dan menurut warga tempat tersebut bernama air terjun Grombong atau dikenal juga dengan nama Twin waterfall.

Setelah pada halaman sebelumnya admin buat artikel tentang air terjun Sekumpul, agar berimbang maka dalam halaman ini, kami buat artikel tentang keberadaan air terjun Grombong (Gerombong) yang akses masuk ke lokasi melalui desa Lemukih yang juga merupakan tetangga desa Sekumpul, tentu sensasi alam sepanjang perjalanan yang disuguhkan dari desa Lemukih ini menawarkan keindahan alam yang berbeda, seperti pemandangan sawah terasering dengan latar belakang bukit hijau serta jalan setapak menuju air terjun Gerombong diantara perkebunan penduduk seperti kebun cengkeh dan kopi.

Akses ke air terjun Grombong atau Twin Waterfall, menawarkan wisata trekking yang penuh pesona dan cukup menantang, jika anda datang dari kawasan Bali Selatan seperti Kuta, Nusa Dua, Jimbaran dan juga Denpasar melalui jalur Bedugul, maka sekitar 3 km setelah puncak bukit Wanagiri (sebelum air terjun Gitgit) ketemu pertigaan dengan petunjuk menuju air terjun Lemukih, maka anda belok kanan menuju petunjuk waterfall Lemukih, sampai akhirnya di desa Lemukih (sebelum desa Sekumpul) ada petunjuk menuju arah waterfall, disediakan 6 buah tempat parkir mobil, parkir nomer 6 terletak paling bawah. Tetapi jika anda bawa sepeda motor bisa lebih dekat dengan akses tangga menuju air terjun Gerombong.

Dari parkir mobil butuh sekitar 1.5 km untuk menuju tujuan, kalau anda mau jasa ojek disediakan, tapi kalau dari parkir sepeda motor sekitar 500 meter menuju lokasi air terjun Grombong. Bagi anda yang suka wisata trekking maka perjalanan ini sangat ideal untuk dinikmati, sepanjang perjalanan anda bisa menyaksikan pemandangan sawah terasering yang masih alami, ada ayunan untuk foto selfie dan juga kebun-kebun penduduk yang rindang serta aroma cengkeh dan juga bunga kopi ditambah udara yang segar membuat perjalanan anda akan terasa menyenangkan.

Sampai di loket karcis masuk menuju air terjun Gerombong Lemukih anda bisa beristirahat sebentar, dari atas tebing ini terdapat sumber air, aliran airnya sangat jernih yang ternyata adalah hulu atau sumber dari air terjun Grombong yang kita kenal sebagai air terjun Sekumpul, pantas saja warga desa Lemukih lebih senang menyebut air terjun tersebut sebagai air terjun Gerombong dari pada air terjun Sekumpul. Dari atas tebing tempat sumber air tersebut anda bisa istirahat sambil menyaksikan tebing-tebing tinggi di seberang, alamnya memang benar-benar indah dan mengagumkan.

Trekking dari loket tiket air terjun Grombong inilah, perjalanan menantang sesungguhnya, anak tangga permanen sudah disediakan, beberapa diantaranya sangat curam dan cukup ekstrem, perlu stamina fit untuk menapaki tangga demi tangga yang disediakan, anak kecil yang belum kuat berpegangan tidak disarankan untuk datang ke air terjun Gerombong ini, karena cukup berbahaya, dan pikirkan juga saat perjalanan balik lagi pastinya akan lebih menguras tenaga. Namun pastinya akan terbayar lunas saat tiba di lokasi. Sampai di bawah anda diberikan pilihan, mau berkunjung ke arah air terjun Grombong atau air terjun Fiji Lemukih, letak kedua tempat tersebut berdekatan dan mudah dijangkau, maka belok kanan sekitar 2 menit anda tiba di lokasi.

Source http://www.balitoursclub.net http://www.balitoursclub.net/air-terjun-grombong/
Comments
Loading...