Air Terjun Goa Tetes Wisata Alam di Lumajang

0 105

Air Terjun Goa Tetes

Air Terjun Goa Tetes adalah tempat wisata di Kota Lumajang yang berupa perpaduan antara goa dan air terjun. Goa Tetes sendiri memiliki keunikan berupa stalagtit dan stalagmit yang beraneka ragam warnanya yang membuatnya terlihat eksotis. Dan lagi tebing-tebing batu yang terbentuk di Goa Tetes ini berlapis dengan belerang sehingga menghasilkan warna kuning keemasan yang sangat unik. Apalagi dipadu dengan hijaunya lumut sehingga terlihat alami dan mengesankan.

Air Terjun Goa Tetes secara administratife terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Air Terjun Goa Tetes berada sekitar 55 km arah selatan dari Kota Lumajang yang dapat ditempuh dengan mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat. Goa Tetes terletak di perbatasan Lumajang-Malang yang bisa ditempuh menggunakan angkutan bus antar kota dari terminal Arjosari di Kota malang dengan tarif sekitar Rp.10.000,- dengan perjalanan sekitar 2 jam. Karena letaknya yang dekat dengan perbatasan sebelah barat kabupaten Lumajang, maka akan lebih dekat jika chekpoint untuk menuju kesini lewat kota Malang.

Dari jalan besar kita bisa berjalan kaki ± 1 km menuju lokasi goa tetes,setengah jalan menuju lokasi merupakan turunan curam dengan tangga batu yang lumayan baik, sehingga cukup mudah untuk mencapai lokasi, tetapi untuk kembali kita membutuhkan tenaga ekstra karena harus naik cukup tinggi. Bila anda menggunakan kendaraan pribadi tidak usah kuatir karena di sini juga tersedia jasa penitipan kendaraan dengan biaya sekitar 3.000 untuk kendaraan roda dua. Biaya masuk ke Air Terjun Goa Tetes adalah sebesar Rp. 2000 per orang, sangat murah bukan.

Air Terjun Goa Tetes Wisata Alam di Lumajang

Di sepanjang perjalan menuju Air Terjun Goa Tetes juga sudah terdapat banyak warung maupun tempat istirahat apabila Anda lelah. Di Air Terjun Goa Tetes terdapat puluhan air terjun mengalir dari puluhan mata air yang tersembunyi di balik bebatuan. Air disini tidak sekedar menetes tetapi memancar deras dan membentuk banyak alur air terjun, bahkan air terjun lebih dominan untuk dilihat karena Goa Tetes sendiri berukuran tidak terlalu besar. Bebatuan disini terbentuk dari endapan kapur, karena itu bebatuan disini relatif tidak licin sehingga mudah untuk dipanjat sekalipun berlumut, tetapi saya sarankan untuk tetap berhati-hati saat memanjat.

Source http://www.maringetrip.com http://www.maringetrip.com/2015/11/air-terjun-goa-tetes-lumajang.html
Comments
Loading...